Sukses

Usai Melahirkan, Ini 5 Perubahan Unik pada Tubuh Ibu

Mulai dari sulit menahan pipis hingga rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Setelah si Kecil lahir, ada banyak perubahan pada tubuh ibu. Aktris Hollywood Drew Barrymore belum lama ini menceritakan perutnya yang besar dan kendur usai memiliki dua anak.

Apa yang dialami Drew juga dialami oleh ibu-ibu lainnya. Seberapa langsingnya perut sebelum hamil, usai melahirkan perut menjadi besar dan mengendur memang akan terjadi. Dan biasanya dalam hitungan bulan perut ibu akan kembali ke semula seperti diungkapkan dokter spesialis obstetri kebidanan dan kandungan, Alyssa Dweck.

Berikut hal-hal unik mau pun tak biasa yang terjadi pada ibu setelah melahirkan seperti mengutip laman Women's Health, Senin (23/5/2016).

1. Ukuran vagina lebih besar dari tampon
Bagi wanita yang saat menstruasi menampung darah haid dengan tampon, tak perlu heran jika usai melahirkan tampon akan mudah lepas. Menurut Alyssa hal ini karena vagina masih meregang usai melahirkan.

2. Sulit menahan kentut
Melahirkan bayi membuat otot-otot di sekitar dasar panggul jadi lebih lemah. Hal ini membuat para ibu baru jadi sulit menahan kentut.
"Hal ini sangat umum dan memalukan, tapi kemudian otot-otot ini akan mengencang kembali," tutur Alyssa lagi.

3. Sulit menahan pipis 
Otot panggul melemah usai melahirkan, hal ini membuat beberapa wanita saat batuk atau bersin sulit menahan pipis. Namun seiring berjalannya waktu ditambah olahraga kegel bisa membuat kondisi kembali seperti sebelum melahirkan.

4. Kaki membesar
"Selama kehamilan, kaki ibu hamil cenderung bengkak dan lebar, dan terkadang pada beberapa wanita kondisi tersebut tak kembali ke semula. Dan tidak diketahui mengapa," tutur Alyssa.

5. Rambut rontok parah
Perubahan tingkat hormon pada saat hamil lalu sesudah melahirkan membuat rambut jadi mudah rontok secara drastis. Sehingga banyak para ibu baru takut akan botak.

"Ini terjadi sekitar tujuh bulan setelah melahirkan. Namun hal ini hanya sementara, nanti juga akan berhenti dan akan hadir rambut baru dengan tekstur dan jumlah sama," tutur Alyssa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.