Sukses

Redakan Pusing dengan 4 Makanan Berikut

Sebelum mengambil obat, coba konsumsi beberapa makanan yang bisa sedikit meredakan pusing.

Liputan6.com, Jakarta Rasa pusing terkadang bisa datang tanpa diduga. Sebelum mengambil obat, coba konsumsi beberapa makanan yang bisa sedikit meredakan pusing.

Tak sulit menemukan makanan-makanan berikut karena ada banyak di sekitar kita. Dua di antaranya bayam dan kentang. Berikut lima makanan yang mampu bantu redakan pusing melansir laman Good Housekeeping, Kamis (19/5/2016).

1. Kentang rebus

Jika sakit kepala terkait dengan konsumsi alkohol, bisa bantu redakan dengan mengonsumsi kentang rebus atau panggang.
"Alkohol itu menyebabkan diuretik, sehingga tidak hanya menyebabkan dehidrasi tapi juga kehilangan elektrolit seperti kalium," seperti diungkapkan ahli nutrisi, Erin Palinski.

Mengonsumsi makanan kaya kalium dapat meringankan pusing akibat sakit kepala. Nah, salah satu sumber makanan yang mengandung kalium adalah kentang.

2. Karbohidrat

Terlalu sedikit konsumsi karbohidrat bisa membuat pusing. "Hal ini membuat glikogen habis, padahal ini merupakan sumber energi utama bagi otak," tutur Palinsiki.

Selain itu bisa juga menyebabkan tubuh banyak kehilangan cairan yang berujung dehidrasi. Nah pada saat ini terjadi konsumsilah makanan mengandung karbohidrat sehat seperti oatmeal, buah, yogurt, roti gandum.

Ketika tubuh mengonsumsi karbohidrat, uniknya bisa meningkatkan suasana hati. Hal ini membuat tubuh melepaskan hormon serotonin yang membuat tubuh merasakan lebih baik.

3. Almond

Kandungan dalam kacang lezat ini mampu membuat relaks pembuluh darah yang tegang. Beberapa pakar mempercayai sakit kepala pada beberapa orang karena kurang konsumsi magnesium.

Selain almond, bisa juga mengonsumsi avokad, kacang tanah, brokoli, dan pisang.

4. Bayam

"Konsumsi bayam menunjukkan mampu menurunkan tekanan darah, mencegah mabuk dan dapat meringankan sakit kepala," tutur Palinsiki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.