Intip 5 Menu Sarapan Cepat dan Sehat Ala Kaum Urban

Oleh Bella Jufita Putri pada 19 Mei 2016, 06:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2016, 06:00 WIB
Menu sarapan
Perbesar
Menu sarapan berikut ini akan membantu kaum urban yang sibuk untuk memberikan energi penuh hingga siang hari menjelang.

Liputan6.com, Jakarta Mengawali pagi hari tentunya harus dilengkapi dengan sarapan berkualitas dan sehat. Tetapi faktanya banyak kaum urban yang melewati waktu mereka untuk sekedar sarapan yang sehat.

Sering kali para kaum urban hanya mengandalkan makanan cepat saji untuk disantapnya dengan asumsi 'yang penting perut tidak kosong'.

Memang terdapat beragam makanan siap saji untuk dikonsumsi di pagi hari, tetapi makanan tersebut tidaklah memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Mengutip laman Greatist, ditulis Rabu (18/05/2016) bahan makanan ini mudah dibuat dan dapat menjadi pilihan makanan Anda di pagi hari. Berikut ulasannya:

1. Roti panggang, pisang dan wijen

Roti menjadi pilihan tepat untuk mengawali pagi yang sibuk. Tetapi jika Anda hanya mengonsumsi roti tanpa bahan pendamping mungkin sarapan Anda akan sia-sia dan tidak menghasilkan energi sama sekali.

Dengan memanggang roti dan selai kacang akan memberikan rasa untuk pagi Anda. Tetapi untuk memberikan energi pada tubuh, cobalah untuk menambahkan irisan pisang di atas roti yang ditaburi wijen. Menu sarapan ini akan memberikan vitamin dan mineral enam kali lebih banyak dibandingkan hanya mengonsumsi susu di pagi hari.

2. Smoothie berries dan yoghurt

Jika Anda terbiasa mengonsumsi jus buah atau sayur di pagi hari, tukarlah menu minuman tersebut di siang hari dan menggantinya dengan smoothie.

Pisang dan yoghurt akan bekerja dengan baik untuk organ-organ di tubuh Anda. Tambahkan beberapa sendok susu atau air kelapa saat mengaduk minuman segar ini.

3. Oatmeal dengan telur

Oatmeal tentunya menjadi bahan menu sarapan yang cepat dan cukup sehat untuk dikonsumsi pagi hari. Rasa gurih pada oatmeal pun akan terasa lebih nikmat ketika Anda menambahkan susu atau air lalu beberapa taburan garam dan merica dan sajikan telur matang di atas oatmeal.

Menu sarapan ini akan memberikan kebutuhan serat tubuh tercukupi dan melancarkan pencernaan Anda.

4. Tomat panggang dengan macadamia

Sandwich adalah menu makanan klasik yang biasa dikonsumsi oleh banyak orang, tetapi jika Anda menambahkan bahan berikut dalam sandwich, maka menu klasik ini akan menjadi menu sarapan istimewa yang menyehatkan.

Ambil dua potong roti gandum yang telah dipanggang. Lalu tambahkan irisan tomat, keju dan macadamia yang ditaburi dengan daun kemangi. Berikan juga sedikit garam dan merica untuk memberikan sedikit rasa gurih. Menu makanan ini akan membuat tubuh cukup akan mineral hingga siang hari.

5. Semangkuk cokelat dan quinoa

Siapa bilang Anda tidak bisa menjadikan cokelat sebagai menu sarapan Anda.

Dengan menambahkan beberapa potongan cokelat yang diiris tipis atau dilelehkan dalam semangkuk quinoa yang kaya akan protein, lalu menambahkannya dengan potongan pisang atau buah favorit Anda akan memaniskan pagi yang sibuk.