Sukses

Trik Bikin Jus Buah dan Sayur Jadi Lebih Sehat

Bagi sebagian orang yang tidak terlalu suka makan buah dan sayur, mengolahnya menjadi jus dianggap sebagai solusi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang yang tidak terlalu suka makan buah dan sayur, mengolahnya menjadi jus dianggap sebagai solusi. Namun, beberapa literatur menyebutkan, mengolah buah dan sayur seperti itu malah menghilangkan beberapa nutrisi penting.

Tapi jika Anda tetap ingin mendapatkan keuntungan mengonsumsi jus buah dan sayur, dokter spesialis anak yang mendalami gastrohepatologi anak, Frieda Handayani Kawanto mengatakan kuncinya ada pada mesin jus yang digunakan. 

"Beberapa juicer mampu membuang nutrisi penting, lalu ada juga yang malah membuang serat dari buah dan sayur. Maka itu pilih juicer yang baik. Yang baik itu slow juicer," tutur dokter Frieda dalam acara yang digelar Sarihusada di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Dokter berkacamata ini mengatakan slow juicer memiliki putaran rendah sehingga tidak menghasilkan panas. Sehingga serat dan nutrisi yang diharapkan masih tetap ada dalam jus yang dibuat dengan alat tersebut. Pastikan juga untuk tidak menambahkan gula dalam sajian jus itu.

Perlu diingat juga bahwa cara terbaik mendapat manfaat buah dan sayur adalah mengonsumsinya secara langsung. Pada sayur, nutrisinya masih terjaga jika diolah tidak dalam suhu tinggi terlalu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini