Sukses

Begini Cara Kerja Rokok hingga Picu Diabetes

Sebenarnya seberapa besar bahaya dan pengaruh rokok pada insulin sehingga bisa memicu diabetes?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu faktor risiko pemicu diabetes yang paling dianggap berbahaya adalah merokok. Namun, sebenarnya seberapa besar bahaya dan pengaruh rokok pada insulin?

Menurut dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Wismandari Wisnu, Sp PD-KEMD, rokok bisa memengaruhi kualitas gula darah (HbA1C) karena menyebabkan penyumbatan pembuluh darah lebih besar.

"Komplikasi diabetes terjadi karena rusaknya pembuluh darah. Dan rokok akan memperburuk kondisi ini. Orang diabetes yang merokok, pembuluh darahnya akan cepat jelek," katanya saat ditemui wartawan di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa 910/5/2016).

Menurut Konsultan Endokrinologi, Metabolik dan Diabetes dari RS Pondok Indah tersebut, rokok dan diabetes saling berkaitan karena komplikasi memengaruhi arteri perifer yang terletak pada kaki atau penyumbatan (aterosklerosis) yang dapat memengaruhi jantung hingga amputasi kaki.

"Diabetes dan rokok bukan partner yang baik karena kualitas pembuluh darah dan komplikasi akan lebih cepat," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.