Konsumsi Cokelat dan Wine Lancarkan Sistem Cerna

Oleh Bella Jufita Putri pada 08 Mei 2016, 12:15 WIB
Diperbarui 08 Mei 2016, 12:15 WIB
Konsumsi Cokelat dan Wine Lancarkan Sistem Cerna
Perbesar
Sebuah studi terbaru menunjukkan khasiat baik dari cokelat dan anggur merah (wine) untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi terbaru menunjukkan khasiat baik dari cokelat dan anggur merah (wine) untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat.

King’s College London mengungkapkan, pola diet yang sehat bukan saja dengan menghitung jumlah kalori pada tubuh, tetapi dengan memperhatikan jutaan bakteri yang hidup di saluran pencernaan. Jumlah bakteri yang cukup akan memastikan pencernaan Anda bekerja secara optimal.

Mengutip laman Bright Side, Minggu (8/05/2016) beberapa bakteri baik hidup di dalam tubuh untuk membantu sistem tubuh manusia melawan penyakit. Di mana bakteri baik akan mencerna makanan, vitamin yang berguna, dan juga mineral.

Tim Spector, peneliti utama penelitian tersebut mendefinisikan bahwa cokelat dan wine memiliki bakteri baik yang berguna untuk menjaga metabolisme manusia juga sistem pencernaan.

Kandungan polifenol dalam cokelat dan wine jika dikonsumsi akan mempermudah organisme pada metabolisme, vitamin, dan mikroelemen yang memberikan kebugaran tubuh tanpa diet yang ketat juga latihan fisik yang melelahkan.

Spector meneliti kedua jenis makanan tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Ia menemukan orang yang kelebihan berat badan saat mengonsumsi cokelat dan wine dalam dietnya merasakan perubahan pada mikroflora usus mereka. Di mana mikroflora usus mempengaruhi sekresi hormon yang mengatur proses pembuangan ampas makanan menjadi lebih lancar hingga memberikan perlindungan terhadap infeksi.

Sejumlah ilmuwan pun menyarankan agar mendapatkan hasil yang maksimal dari khasiat cokelat dan wine - kurangilah pengonsumsian keju, yoghurt, kacang-kacangan, dan junk food agar bakteri baik dari cokelat dan wine dapat menjalankan tugasnya dengan efektif.