Sepuluh Ribu Penderita Katarak akan Jalani Operasi Gratis

Oleh Benedikta Desideria pada 03 Mei 2016, 18:30 WIB
Diperbarui 12 Sep 2019, 14:18 WIB
Katarak

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun ada 1.000 penderita katarak baru di Indonesia berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013. Jika tidak tertangani, setiap tahun terus bertambah jumlah orang dengan katarak di negeri ini. Namun beruntung, masih banyak perusahaan yang peduli masalah kesehatan Indonesia. Salah satunya Pollux Habibie International yang meluncurkan program "Sepuluh Ribu Mata".

Program inisiatif dari Pollux Habibie International ini bekerja sama dengan Klinik Mata Hasri Ainun Habibie dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia akan memberikan 10.000 operasi katarak gratis bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan. 

"Kami harap dengan melakukan hal ini bisa kembali meningkatkan produktivitas seseorang. Orang yang tadinya buta karena katarak bisa kembali melihat, ia pun bisa bekerja dan turut membangun negeri ini," tutur CEO Pollux Habibie International, Ilham Akbar Habibie dalam konferensi pers acara ini di Perpustakaan Habibie dan Ainun di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Dalam kesempatan ini hadir pula Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ. Habibie. Beliau mengungkapkan hal senada dengan Ilham. "Paling tidak, CSR ini bisa membuka (rezeki), insyaAllah at least 10.000 orang, apalagi jika yang terkena kepala rumah tangga. Sehingga ia bisa kembali mandiri dan turut aktif membangun negeri," tutur Habibie.

Program "Sepuluh Ribu Mata" ini akan dilakukan secara bertahap dimulai dari Batam, Kepulauan Riau. Kota ini sekaligus tempat salah satu proyek Pollux Habibie International dibangun, lalu diikuti di wilayah-wilayah lain di Indonesia.