Sukses

Manfaat Sarapan Cokelat Ini Pasti Belum Anda Ketahui

Sebuah studi terbaru menemukan, sarapan cokelat secara teratur dapat membuat seseorang semakin pintar dan bantu turunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi Anda pecinta cokelat. Sebuah studi terbaru menemukan, sarapan cokelat secara teratur dapat membuat seseorang semakin pintar dan bantu turunkan berat badan.

Seperti diberitakan Indiatimes, Rabu (27/4/2016), studi yang dilakukan peneliti di Universitas Syracuse menemukan cokelat dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada peserta dalam tes memori dan kemampuan penalaran abstrak.

"Kami meneliti efek konsumsi cokelat dari 968 orang berusia 23-98, tanpa mengubah pola makan mereka. Hasilnya, asupan cokelat dapat membantu mereka menjawab soal dengan baik," ujar peneliti. 

Hebatnya lagi, cokelat juga ternyata memengaruhi berat badan. Sebuah studi yang dilakukan pada 2012 menemukan, makan cokelat setelah sarapan dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Para peneliti dari Tel Aviv University melakukan penelitian ini dengan melibatkan 163 peserta yang melakukan diet 1.600 kalori dan 1400 kalori. Setengah peserta diberi 300 kalori, sarapan rendah karbohidrat di pagi hari, sedangkan separuh lainnya diberi sarapan 600 kalori  termasuk sepotong kecil kue cokelat.

Dalam 16 minggu pertama penelitian, kedua kelompok kehilangan rata-rata 14 kg per orang. Di babak kedua penelitian, kelompok peserta yang sarapan 600 kalori dan makan cokelat kehilangan rata-rata 18 kg per orang.

Jadi, apa menu sarapan Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini