Sukses

Ini Dia Cara Tidur Bebas Mimpi Buruk

Tak hanya membuat Anda terbangun dengan suasana hati kusut, mimpi buruk juga bisa berlanjut dan membuat hari Anda jadi berantakan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang suka mengalami mimpi buruk. Tak hanya membuat Anda terbangun dengan suasana hati yang berantakan, mimpi buruk juga bisa berlanjut dan membuat hari Anda jadi ikut buruk.

Mimpi buruk yang berkepanjangan tentunya juga memiliki efek tak baik bagi tubuh dan kesehatan Anda. Jadi, akan lebih baik jika Anda mampu mengusir mimpi tak menyenangkan ini jauh-jauh.

Melansir Women's Day, Selasa (26/4/2016) inilah cara-cara ampuh untuk menghindari mimpi buruk:

1. Memasang aromaterapi

Bau-bauan yang memiliki wangi lembut dan segar seperti misalnya bau bunga-bungaan dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan mengusir mimpi buruk. Ada baiknya Anda juga sudah menyalakan aromaterapi Anda 1 jam sebelum tidur. Dengan begini, otak akan menyimpan bau wangi ini dan membuat mimpi Anda menjadi lebih baik. Namun, pastikan Anda memilih bau yang memang benar-benar Anda sukai, ya.

2. Menyalakan musik lembut

Pilihlah musik instrumental yang mengalun lembut, atau suara-suara lain yang menenangkan seperti bunyi deburan ombak, gemirisik daun, atau suara yang akan Anda asosiasikan dengan liburan yang menyenangkan sebagai pengiring tidur Anda. Hal ini akan membantu kerja otak Anda menjadi lebih tenang sehingga dia tidak akan menghadirkan mimpi-mimpi mengerikan saat Anda tidur.

3. Hindari makanan pedas

Sebenarnya tak hanya makanan pedas, tapi makanan apapun yang dapat mengganggu pencernaan Anda seperti makanan berminyak, keju, atau makanan berat. Makanan-makanan tersebut dapat membuat tidur Anda gelisah dan membuat mimpi Anda menjadi lebih nyata. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan tadi dua jam sebelum tidur. Dan, jika Anda seorang peminum kopi, sebaiknya hindari minuman berkafein ini setelah pukul 2 siang untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

4. Jangan tidur dalam keadaan lapar

Walaupun sebaiknya Anda jangan mengonsumsi makanan berat sebelum tidur, tapi bukan berarti tidur dengan perut kosong akan lebih baik bagi Anda. Perut kosong dapat menurunkan kadar gula darah Anda yang dapat membuat Anda terbangun di tengah malam, dan sebagai efeknya, Anda juga lantas jadi mengingat mimpi-mimpi Anda secara lebih jelas.

5. Jauhi segala sesuatu yang berbau horor

Pada dasarnya mimpi adalah refleksi dari ingatan, jadi, jika Anda ingin bermimpi indah dan tertidur nyenyak jauhilah segala sesuatu yang akan membuat Anda takut, tidak nyaman, atau memacu adrenalin. Jika Anda tanpa sengaja menonton film horor sebelum tidur, netralkan pikiran Anda dengan mengingat atau melihat sesuatu yang menyenangkan, seperti misalnya foto liburan, atau percakapan dengan teman dan pasangan. Perasaan yang senang akan membuat tidur Anda tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk

  • Gangguan tidur merupakan segala bentuk kondisi ketika proses tidur secara baik dan sempurna seseorang tidak terpenuhi.

    Gangguan Tidur

  • Mimpi

Video Terkini