Sukses

Amankah Mengonsumsi Buah Jenis Ini Saat Batuk Melanda?

Buah sitrus mengandung beragam khasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh saat dilanda batuk dan demam.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah mitos menyebutkan bahwa sejumlah buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan anggur dapat memperburuk keadaan seseorang yang tengah dilanda batuk atau demam. Sebagian juga pun percaya bahwa dengan mengonsumsi buah tersebut dapat meringankan keadaan batuk seketika.

Mengutip laman Boldsky, Selasa (26/4/2016) saat batuk melanda langkah yang tepat mengatasinya ialah dengan mengunjungi dokter dan mendapatkan solusi terbaik. Namun studi ilmiah pun mengatakan tak ada masalah mengonsumsi buah jenis sitrus saat batuk atau pun demam. Berikut beberapa manfaat jika mengonsumsi buah sitrus untuk tubuh di kala batuk melanda.

1. Sumber cairan tubuh

Selama batuk atau pun demam, tubuh membutuhkan cairan yang cukup. Namun dengan minum air putih saja tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Dengan mengonsumsi buah sitrus tubuh akan memperoleh cairan lebih yang dapat mengisi kebutuhan tubuh selama batuk dan demam.

2. Sumber nutrisi

Buah-buahan seperti lemon, jeruk, dan anggur penuh akan Vitamin B, C, juga mineral lainnya seperti kalium, serat, dan karbohidrat yang diperlukan tubuh untuk melawan serangan virus saat batuk.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ini adalah salah satu manfaat paling penting dari mengonsumsi buah jeruk selama batuk. Jeruk yang kaya akan vitamin dan mineral membuat kekebalan yang kuat dan juga membantu Anda melawan serangan bakteri dan virus. Terlebih, kandungan serat dalam buah ini membantu tubuh membangun kekuatan melawan penyakit apa pun.

4. Menenangkan rasa sakit pada tenggorokan

Buah-buahan ini atau jus buah bermanfaat dalam mengobati sakit tenggorokan, yang merupakan gejala utama dari batuk. Jika Anda mengonsumsi jus lemon dengan madu atau jus jeruk Anda, akan dapat merasakan khasiatnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini