Redakan Stres dengan 4 Gerakan Yoga Mudah

Oleh Bella Jufita Putri pada 25 Apr 2016, 14:00 WIB
Diperbarui 25 Apr 2016, 14:00 WIB
yoga
Perbesar
relaksasikan tubuh saat alami kondisi stres dengan gerakan berikut

Liputan6.com, Jakarta Perasaan berada di bawah tekanan akibat pekerjaan hingga masalah kehidupan mungkin akan membawa Anda ke dalam kondisi stres. Mengatasi kondisi ini bisa jadi tak semudah mengedipkan kedua mata, sebab jika seseorang tengah mengalami stres segala urusan menjadi tidak teratur.

Melansir laman Body and Soul, Senin (25/4/2016) saat stres tubuh tentunya memerlukan relaksasi sejenak. Lewat beberapa gerakan yoga ini Anda bisa mendapatkan ketenangan dan mengembalikan perasaan ke situasi normal.

1. Sphinx

Posisikanlah tubuh dengan telungkup di atas alas yoga, lalu letakkan kedua siku ke depan dan menempel ke tikar dengan menegakkan posisi kepala dan bahu.

Yoga moves to beat stress

Pada kaki arahkan ibu jari menempel ke alas dan bawa energi kaki Anda dengan menekan tulang kemaluan ke bawah dan tekan dengan kuat. Pada gerakan ini Anda harus merasa seolah-olah Anda bisa meringankan siku tangan Anda di arah tulang rusuk, dan tahan selama 10 hitungan.

2. Face-Down Shoulder Bliss

Yoga moves to beat stress

Gerakan ini mirip dengan Sphinx, hanya posisi ini berkonsentrasi pada bagian tubuh samping Anda.

Dengan menekuk lengan kanan ke samping di sudut kanan, dan siku yang sejajar dengan bahu lalu menempatkan telinga kanan Anda ke lantai dan tangan kiri di bawah bahu kiri Anda.

Angkat kaki kiri dan biarkan kaki kanan Anda menyentuh matras. Tahan selama 10 hitungan lalu ulangi di sisi lain.

3. Legs up

Posisi yoga yang satu ini lebih mudah untuk dipraktikkan, hanya saja Anda membutuhkan beberapa benda berbentuk balok untuk memaksimalkan gerakan ini.

Yoga moves to beat stress

Gerakan ini akan mengalirkan sebagian cairan dari pergelangan kaki menuju punggung bagian bawah, dengan menempatkan balok yang berbahan aman dan nyaman untuk Anda tepat di bawah tulang ekor. Pada posisi ini istirahatkan kedua tangan dengan membentangkannya ke samping tubuh Anda. 

Angkat kaki ke arah langit-langit atau atap lalu luruskan, tutup kedua mata Anda dan bernapaslah dengan tenang. Gerakan ini idealnya dilakukan selama lima menit.

4. Reclined Butterfly

Yoga moves to beat stress

Posisi yoga satu ini akan meregangkan daerah pinggul, dada, dan bahu Anda.

Berbaringlah di atas alas dengan posisi telentang, namun biarkan kedua kaki Anda berada di posisi seperti bersila. Rentangkan kedua tangan ke arah samping. Hirup napas sedalam-dalamnya dan keluarkan dari hidung, selama dua hingga lima menit.

Pose ini akan merelaksasi tubuh Anda. Jika Anda memiliki masalah pada punggung letakkanlah bantal atau benda berbahan sedikit lunak tepat di bawah lutut Anda.