Sukses

Dampak Buruk Minum Air Lemon Berlebihan

Memang ada manfaat baik yang bisa diperoleh, namun jika berlebihan mengonsumsi air lemon malah membahayakan tubuh Anda.

Liputan6.com, New York- Dalam beberapa tahun terakhir mengonsumsi air lemon menjadi tren, terutama bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Memang ada manfaat baik yang bisa diperoleh, namun jika berlebihan mengonsumsi air lemon malah membahayakan tubuh Anda.

Jika dilihat dari sisi positif, perasan air lemon yang dimasukkan ke dalam air minum mengandung vitamin C serta antioksidan yang bisa melawan kanker. Selain itu, adanya sensasi rasa segar dalam air minum membantu seseorang jadi lebih banyak minum air.

Namun, berat badan Anda tidak akan berkurang hanya karena minum air lemon. Apalagi hingga kini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan konsumsi air lemon bisa meningkatkan sistem pencernaan maupun mendetoksifikasi tubuh.

Berikut dampak yang mungkin terjadi bila Anda minum air lemon lebih dari empat gelas sehari melansir laman Woman's Health, Senin (25/4/2016).

Heartburn
Konsumsi air lemon berlebih bisa menyebabkan timbulnya rasa dada terbakar menurut pakar nutrisi asal New York, Jackie Ballou. "Lemon adalah salah satu buah yang asam, sehingga mudah memicu heartburn," terang Ballou.

Merusak enamel gigi
Asamnya lemon bisa membuat enamel gigi jadi berangsur-angsur terkikis. Hal ini membuat gigi jadi lebih mudah berlubang dan sensitif.
"Anda tak perlu sepanjang hari minum air lemon karena jika usai minum air lemon dan tidak minum air putih biasa malah membahayakan gigi Anda," tutur Ballou.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.