Ingin Jarak Bersepeda yang Ditempuh Makin Jauh? Makan Cokelat

Oleh Benedikta Desideria pada 21 Apr 2016, 07:30 WIB
Diperbarui 21 Apr 2016, 07:30 WIB
20150729-6 Jenis Makanan Berlemak Ini Bisa Menguruskan Badan-Cokelat Hitam
Perbesar
Jika dimakan dalam jumlah yang secukupnya, cokelat hitam bisa memperbaiki sistem cerna dan melawan lemak perut. Untuk itu, cari cokelat yang mengandung 70-80% kokoa. (huffingtonpost.com)

Liputan6.com, London - Mengonsumsi cokelat hitam tak hanya membuat suasana hati jadi lebih baik. Studi terbaru mengungkap, makan cokelat hitam sebelum melakukan aktivitas olahraga mampu meningkatkan performa secara signifikan.

Tak semua aktivitas fisik dapat tingkatkan kehidupan seks menjadi lebih baik, nyatanya bersepeda berisiko buruk untuk seks pria

Peneliti dari London King University Inggris meminta sembilan pesepeda untuk mengonsumsi 40 gram cokelat hitam selama dua minggu.

Setelah dibandingkan dengan performa sebelumnya, konsumsi cokelat hitam ternyata mampu meningkatkan jarak yang ditempuh sejauh 17 persen seperti tertulis dalam Journal of International Society of Sports Nutrition.

Lalu, dibandingkan mengonsumsi cokelat putih, konsumsi cokelat hitam tetap lebih baik. Orang yang mengonsumsi cokelat hitam lebih baik 13 persen.

Tim peneliti meyakini kandungan dalam cokelat bernama epicatechin meningkatkan produksi oksida nitrat di tubuh. Hal ini membuat pembuluh darah melebar dan mengurangi konsumsi oksigen, sehingga para pesepeda mampu mengayuh lebih jauh.

"Kami menemukan masyarakat bisa berolahraga lebih lama usai mengonsumsi cokelat hitam," tutur pemimpin studi Rishikesh Kankesh Patel, melansir laman Telegraph, Kamis (21/4/2016).

Performa yang lebih baik usai berolahraga berkat cokelat hitam, menurut peneliti sama dengan manfaat dari mengonsumsi jus bit.