Apa Kata Psikolog: Manfaat yang Ayah Dapatkan Saat Mengasuh Anak

Oleh Nilam Suri pada 20 Apr 2016, 13:00 WIB
Diperbarui 20 Apr 2016, 13:00 WIB
Apa Kata Psikolog: Manfaat yang Ayah Dapatkan Saat Mengasuh Anak
Perbesar
Saat turut serta berperan dalam pengasuhan anak, ada banyak manfaat yang bisa ayah dapatkan.

Liputan6.com, Jakarta Mengasuh anak tentunya memang sudah menjadi kewajiban orangtua. Namun biasanya, hal ini lebih dibebankan pada ibu. Untungnya semakin ke sini, semakin banyak penelitian dan studi yang menjelaskan, ayah juga harus turut berperan aktif dalam pengasuhan anak. 

Anak yang dekat dan diasuh juga oleh ayahnya akan memiliki perkembangan motorik dan psikologis yang lebih baik dibanding anak yang hanya diasuh oleh ibu. Tapi, bagaimana dengan ayah? Adakah manfaat yang didapatkan ayah saat ia turut serta berperan aktif dalam mengasuh anak-anaknya?

Menurut psikolog dari Tiga Generasi Chitra Annisya, ada banyak manfaat yang didapat ayah saat mengasuh anak-anaknya. Tak hanya ayah menjadi lebih dekat, baik secara fisik dan emosi, dengan anak, bermain dan mengasuh anak juga bisa menurunkan tingkat stres ayah. Tak hanya itu, ayah yang berperan aktif dalam pengasuhan anak juga akan memiliki kehidupan rumah tangga dan hubungan yang lebih hangat dengan ibu.

Simak penjelasan Chitra selengkapnya dalam Apa Kata Psikolog edisi Rabu (20/4/2016) berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya