Sukses

Ingin Panjang Umur hingga 100 Tahun? Ini 3 Caranya

Salah satunya melakukan hal yang berarti dan menyadari hidup Anda berguna bagi orang lain.

Liputan6.com, New York- Memiliki kesempatan hidup panjang umur dengan kesehatan yang baik tentu menjadi harapan banyak orang. Namun di zaman sekarang rasanya sangat sedikit orang yang bisa mencapai usia 100 tahun. Berbagai faktor jadi penyebabnya, salah satunya gaya hidup yang kurang sehat.

Berbagai riset perihal fakta sesungguhnya tentang rahasia orang yang panjang umur pun dilakukan. Belum lama ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC melakukan studi terkait hal ini.

Berikut tiga hal yang CDC dapatkan tentang rahasia orang panjang umur seperti dilansir laman Time, Rabu (20/4/2016).

1. Jalani diet MIND
Diet yang merupakan gabungan antara diet Mediterania dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) ini dianggap beberapa pakar kesehatan sebagai salah satu yang sehat.

Saat menjalankan pola makan ini menu sehari-hari yang dikonsumsi seperti biji-bijian, sayuran, sayuran hijau, buah, ikan, minyak zaitun. Namun membatasi daging merah dan asupan manis, keju, margarin, gorengan. Diet MIND pun terbukti memangkas risiko terkena Alzheimer hingga 53 persen.

2. Rutin dan semangat berolahraga
Rutin berolahraga sejak kecil memiliki manfaat besar. Namun tak masalah juga jika saat berusia paruh baya serius berolahraga intensitas tinggi menurunkan risiko meninggal dini 13 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang melakukan aktivitas sedang.

3. Menyadari bahwa hidup Anda berarti
Peneliti melakukan studi terhadap 136.000 orang di Amerika Serikat dan Jepang selama tujuh tahun. Ternyata mereka yang merasakan kehadiran dirinya dalam kehidupan di keluarga dan masyarakat memiliki makna penting atau berguna ternyata mampu menurunkan risiko meninggal lebih cepat 20 persen dibandingkan yang tidak merasa seperti itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.