Pennsylvania Legalkan Ganja Guna Obati Kejang pada Anak

Oleh Bella Jufita Putri pada 17 Apr 2016, 08:00 WIB
Diperbarui 17 Apr 2016, 08:00 WIB
ganja medis
Perbesar
Bukan dengan dihisap ganja dapat meredakan kejang pada anak, namun pasien dapat mengonsumsi ganja dalam pil hingga proses uap.

Liputan6.com, Jakarta Perdebatan mengenai pelegalan ganja di seluruh dunia memang tidak akan pernah menemui titik temu. Dari banyaknya negara di dunia, hanya sekitar 23 negara yang resmi melegalkan ganja. Kini Pennsylvania berada di urutan ke-24 sebagai negara bagian yang melegalkan ganja untuk kepentingan medis.

Dikutip dari laman Time, Minggu (17/4/2016), Rabu silam Pennsylvania resmi melegalkan ganja setelah sejumlah orangtua dari para anak yang menderita kejang, mendesak anggota parlemen untuk melegalkan ganja guna kepentingan medis. Ganja yang diyakini dapat meredakan kondisi kejang pada anak dikonsumsi dalam bentuk ekstrak minyak ganja yang telah diolah. 

Para orangtua cukup kewalahan setiap kali menangani anak kejang mendadak. Sorak sorai terdengar kala ganja dilegalkan atas dasar untuk membantu mengobati masalah tertentu. Dengan begitu para orangtua berharap dapat mengurangi rasa panik jika anak mereka mendadak kejang. 

Namun, penggunaan ganja untuk pengobatan medis tidak sembarangan, ada standar yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sertifikasi dokter, perizinan petani, sertifikasi apotek, dan siapa saja dokter yang boleh memberikan ganja kepada pasien, hingga peraturan bahwa pasien hanya boleh menerima ganja dalam bentuk pil, minyak, uap, atau cairan.

Ganja untuk kepentingan medis di Pennsylvania memperoleh 17 kualifikasi diagnosis penyakit termasuk kanker, epilepsi, autisme, parkinson, stres, anemia, AIDS, dan glaukoma.

Ada pun prosedur untuk mendapatkan ganja ini adalah melihat dulu kondisi pasien, apakah penyakitnya memang harus disembuhkan menggunakan ganja tersebut. Jika tidak, maka ganja tidak boleh diberikan. Pasien juga harus mendapatkan kartu identitas yang jelas dari departemen kesehatan di Pennsylvania.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya