Sukses

Wanita Harus Angkat Beban Juga

Banyak wanita segan untuk angkat beban karena takut tubuhnya terlalu berotot, padahal angkat beban bisa cepat bantu turunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Wanita harus berlatih keras agar program penurunan berat badan berjalan sesuai rencana. Jika dibanding pria, wanita kerap merasa kesulitan untuk menurunkan bobot tubuh. Ya, sejumlah ahli mengatakan hormon adalah salah satu penyebab.

Dosen Psikologi Kesehatan Klinis di University of West Scotland, Dr Chris Easton mengatakan, meski semua orang melakukan olahraga dengan kecepatan sama, ditemukan bahwa pria merasakan manfaat yang jauh lebih besar dibanding wanita. Sehingga sulit bagi wanita untuk cepat dalam menurunkan berat badan.

Pelatih pribadi (personal trainer) Dan Roberts mengatakan, cara terbaik agar wanita cepat menurunkan berat badan dengan mengangkat beban. Ini untuk meningkatkan kadar testosteron yang berguna membakar lemak lebih banyak.

"Ini semua berkaitan dengan hormon. Pria memiliki banyak otot karena mereka memiliki banyak testosteron. Sedangkan perempuan lebih banyak estrogen yang secara alami dapat menjadi tempat menyimpan lemak lebih banyak," kata Dan Roberts dikutip dari Daily Mail, Jumat (15/4/2016)

Wanita harus bekerja lebih keras menurunkan berat badan karena mereka menyimpan banyak lemak di sekitar paha, bawah, dan perut untuk melindungi rahim dan untuk alasan melahirkan.

Ia juga menyarankan agar wanita rutin menggunakan dumbbells kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini