Sukses

Jadwal Tidur Malam Teratur Bikin Anak Lebih Berprestasi

Anak-anak yang mendapat tambahan tidur lebih panjang 20 menit setiap malamnya mencetak nilai yang lebih baik di sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Disiplin dalam menjaga jam tidur anak jadi tantang tersendiri bagi orangtua pekerja. Namun hasil penelitian terbaru menunjukkan betapa besar manfaat dari bentuk disiplin semacam itu. Anak-anak yang mendapat tambahan tidur lebih panjang 20 menit setiap malamnya mencetak nilai yang lebih baik di sekolah.

Laporan penelitian dalam Jurnal Sleep Medicine yang didapat dari studi enam minggu atas edukasi tidur yang dilakukan pada dua kelompok pelajar sekolah dasar diMontreal. Anak-anak yang menjalani pola hidup lebih sehat selama penelitian berlangsung mendapat waktu tidur yang lebih panjang sekitar 18,2 menit setiap malam.

Anak-anak tersebut ternyata nilai matematikanya meningkat lebih dari dua persen dibandingkan sebelumnya. Nilai edukasi fisik mereka juga meningkat secara marginal.

"Tidur adalah cara mudah dan murah yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kinerja, mood, dan kesehatan," kata Reut Gruber, salah satu penulis studi dan direktur Attention Behavior and Sleep Lab di Douglas Mental Health University Institute.

Anak-anak yang terlibat dalam studi mengikuti enam kelas interaktif selama lebih dari enam minggu. Dalam masing-masing kelas dengan durasi dua jam itu mereka belajar mengenai jadwal tidur yang baik, kebersihan sebelum tidur, serta konsekuensi yang dihadapi akibat pola tidur tak baik serta hambatan untuk mendapatkan kecukupan tidur, dikutip dari laman Today, Kamis (14/4/2016).

Penting bagi orangtua memastikan anak-anak mereka memiliki waktu tidur teratur dan mendapat kecukupan tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini