Sukses

8 Trik Meningkatkan Daya Ingat yang Bisa Anda Coba

Menurut penulis buku Being Brain Healthy, Ruth Curran, ada cara sederhana untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Liputan6.com, Jakarta Menurut penulis buku Being Brain Healthy, Ruth Curran, ada cara sederhana untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Ruth dengan senang hati membeberkan delapan caranya melalui laman Prevention, dilansir Sabtu (9/4/2016):

1. Buat kebiasaan

Kebiasaan rapi serta memori yang baik berjalan beriringan. Jika Anda terbiasa meletakkan suatu benda di tempat yang sama, Anda tak perlu membuang banyak waktu untuk mengingat-ingat di mana letaknya saat memerlukannya. Contohnya, kunci-kunci yang biasa Anda taruh di wadah dekat pintu depan serta tas gim yang selalu tersedia di dekat tempat penyimpanan mantel akan lebih mudah ditemukan.
Manfaat lainnya, ada lebih banyak ruang di otak Anda untuk memikirkan hal-hal lain yang lebih rumit.

2. Gunakan petunjuk visual

"Ketika ada satu hal yang tak bisa bisa saya lupakan sebelum tidur, saya meletakkan sebuah benda di bantal yang tak seharusnya berada di sana, seperti misalnya sekaleng makanan kucing, untuk mendapat perhatian saya," kata Katya Seberson, instruktur daya ingat dan penulis Improve Memory in 5 Steps.

3. Padukan satu benda dengan benda lainnya

Trik ini mirip dengan trik petunjuk visual, hanya saja ada langkah lebih lanjut. Misalnya saja Anda kerap lupa membawa makan siang dari rumah, letakkan kunci kendaraan di di samping kotak makan siang di dapur. Dengan siasat ini Anda tak akan melupakan bekal makan siang lagi.

4. Beri muatan emosional

Curran menyarankan, salah satu trik untuk lebih mudah mengingat hal-hal penting adalah dengan memberinya muatan atau nilai emosional. Jadi bila lain kali Anda khawatir lupa membayar tagihan, coba pikirkan dan bayangkan dampaknya bagi Anda. Ini berlaku untuk hal-hal kecil sekali pun. Tak ingin makan siang atau malam jadi rusak gara-gara anak Anda rewel seharian karena lupa membeli susu atau kudapan kesukaannya, bukan?

5. Ciptakan kaitan nama

Nama memang merupakan hal yang abstrak sehingga mudah sekali untuk kita lupa.

"Tapi bila kita bisa membuat kode nama di otak sehingga bisa menjadikannya sebuah gambaran, kita bisa mengembangkan menjadi sebuah cerita yang mudah diingat," kata Tansel Ali, peraih juara daya ingat sebanyak empat kali asal Australia sekaligus penulis buku The Yellow Elephant. Anda juga bisa menggunakan rima nama orang dan benda untuk mengingat.

6. Bangun sebuah narasi dari to-do list Anda

Akan mengerjakan beberapa hal secara berurutan? Gunakan setiap destinasi dari daftar pekerjaan Anda untuk menciptakan sebuah cerita. Ini akan lebih mudah diingat ketimbang mengingat-ingat sejumlah tugas secara acak. Misalnya, saat Anda perlu membeli roti, mengirim surat lewat kantor pos, mampir ke tempat cuci mobil, dan mengambil laundry, Anda bisa membayangkan diri dalam kostum roti besar, berusaha menuju kotak surat, tapi malah berakhir di tengah-tengah pencucian mobil dan membuat Anda basah kuyup sehingga ingin segera bergegas ke dry cleaner.

"Semakin lucu atau semakin berpengaruh cerita Anda, akan semakin melekat di benak," kata Ali.

7. Gabungkan beberapa benda

"Anda hanya bisa mengingat beberapa informasi dalam ingatan jangka pendek sebelum benak Anda menjadi penuh dan harus membuang beberapa ingatan," kata Curran.

Jadi bantu diri Anda dengan menggabungkan beberapa benda setiap ada kesempatan. Mengingat 10 macam bumbu lebih sulit ketimbang mengingat Anda ingin membuat masakan spesial tertentu. Jadi alih-alih ke swalayan dan berpikir, "tomat, salsa, keju, irisan selada, zaitun, kacang, dan lainnya, lebih baik pikir masakannya saja. Ini akan memicu ingatan akan bahan-bahan yang perlu untuk dibeli.

8. Gunakan semua indra

"Bila Anda ingin mengingat sebuah momen berarti, cobalah untuk mempergunakan sebanyak mungkin indra ketika berusaha mengingatnya," ujar Curran. Misalnya, ketika Anda masak bersama nenek dan tak ingin melupakan hal itu, ambil sebuah lemon dan hirup aromanya. Lain waktu saat Anda ingin mengingat momen itu, seulas aroma lemon akan membawa ingatan Anda kembali pada kenangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini