Sukses

Apa Kata Psikolog: Cara Memulai Diskusi dengan Calon Kakak

Saat akan mendiskusikan kehadiran adik pada calon kakak, pastikan Anda sebagai orangtua memulainya pada saat dan cara yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Saat seorang anak akan memiliki adik, penting bagi orangtua untuk mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan mereka. Namun ada satu hal yang harus orangtua ingat, diskusi menyambut adik baru ini haruslah berlangsung menyenangkan bagi calon kakak. Menurut psikolog dari Tiga Generasi, Fathya Artha Utami, diskusi ini bisa dibuka dengan berbagai permainan atau kegiatan lain yang menjadi hobi anak.

Kegiatan seperti membaca buku cerita dengan topik adik baru, bermain bayi-bayian, dan kegiatan serupa lainnya bisa menjadi jalan pembuka bagi orangtua untuk mendiskusikan kehadiran adik baru. Fathya juga mengingatkan, pastikan suasana hati anak sedang senang ketika diskusi ini dilakukan.

Simak penjelasan Fathya selengkapnya dalam Apa Kata Psikolog edisi Selasa (5/4/2016) berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.