Sukses

Ahok Nilai Joki 3 in 1 Picu Eksploitasi Anak

Gubernur DKI Jakarta Ahok menilai keberadaan joki 3 in 1 di sejumlah ruas jalan di wilayah Ibu Kota memicu eksploitasi.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menilai keberadaan joki 3 in 1 di sejumlah ruas jalan di wilayah Ibu Kota merupakan salah satu pemicu masalah eksploitasi anak.

"Penerapan sistem 3 in 1 di sejumlah ruas jalan di wilayah DKI Jakarta selama ini masih kurang maksimal karena munculnya joki. Joki itu salah satu pemicu eksploitasi anak," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Antara, Jumat (1/4/2016).

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok itu, keberadaan joki 3 in 1 dapat memicu timbulnya masalah eksploitasi pada anak karena tidak sedikit joki yang turut membawa anak saat bekerja. 

"Banyak joki yang bekerja sambil membawa anak-anak kecil atau bayi. Bahkan kalau bayi, bisa saja dikasih obat tidur karena bayi kan tidak bisa tidur dalam kondisi bising. Itu eksploitasi anak namanya. Itulah yang jadi masalah," ujar Ahok.

Oleh karena itu, dia menuturkan, sampai dengan saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Ditlantas Polda Metro Jaya terus mematangkan rencana penghapusan sistem 3 in 1.

"Bersama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, kami masih terus berkoordinasi mengenai rencana penghapusan 3 in 1. Uji coba untuk penghapusan sistem itu akan dilakukan di beberapa ruas jalan di Jakarta," tutur Ahok.

Rencananya, dia mengungkapkan uji coba tersebut nantinya akan dilaksanakan selama satu pekan, yakni dimulai pada 5 April 2016. Setelah diuji coba, baru kemudian hasilnya akan dievaluasi kembali.

"Tanggal 5 April 2016, kami akan melakukan uji coba penghapusan sistem 3 in 1. Uji coba itu sendiri akan berlangsung selama satu minggu. Untuk teknis pelaksanaannya, kami diskusikan terus dengan Ditlantas Polda dan Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI," ungkap Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.