Sukses

8 Benda di Rumah Ini Mungkin Sebabkan Anda Lelah Seharian

Meski terkesan aneh, gaya hidup, barang-barang rumah tangga, bahkan dekorasi rumah bisa jadi penyebab Anda selalu merasa lelah.

Liputan6.com, Jakarta Kurang tidur bisa jadi bukan satu-satunya penyebab Anda merasa lelah seharian. Besar kemungkinan rumah Anda pun ikut bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

Bila Anda merasa sudah makan dengan baik, berolahraga, mendapat tidur cukup, namun tetap merasa lelah dan lesu, Anda perlu melihat keadaan di dalam rumah. Meski terkesan aneh, gaya hidup, barang-barang rumah tangga, bahkan dekorasi rumah bisa jadi penyebab Anda selalu merasa lelah.

Berikut delapan hal di rumah yang bisa membuat Anda lemah, letih, dan lesu, dilansir dari laman Sheknows, Kamis (31/3/2016):

1. Televisi

Tv bisa membahayakan Anda. Cahaya artifisial dari layarnya bisa menurunkan kadar melatonin, zat yang dilepaskan otak yang membuat Anda mengantuk. Ini juga bisa menyebabkan kondisi tidur REM Anda terganggu.

2. Mesin pembuat kopi

Mesin pembuat kopi di rumah Anda juga bisa membuat Anda merasa lelah di siang hari. Kopi memang bisa jadi stimulan dan membuat terjaga setiap pagi. Anda perlu tahu bahwa efek tersebut hanya sementara dan berakhir di pertengahan hari. Pada beberapa individu, kopi malah bisa menyebabkan efek sebaliknya, membuat mengantuk dan lelah.

3. Koneksi wi-fi

Koneksi wi-fi bisa menyebabkan insomnia. Beberapa orang memang mempertanyakan keamanan wi-fi. Menurut mereka paparan medan elektromagnetik dari ponsel, komputer, wi-fi, dan perangkat elektronik lainnya adalah salah satu faktor yang membuat terjaga semalaman.Kurang tidur bisa berujung pada perasaan letih dan lesu.

4. AC

Pernahkah Anda menghabiskan waktu di ruangan ber-AC seharian lalu kemudian merasa letih dan sakit kepala? Bagi banyak individu, gejala ini akan hilang setelah mereka meninggalkan area tersebut. Fenomena itu biasa dikaitkan dengan "sick building syndrome" dengan AC sebagai penyebab utama penyakit. Menurut studi yang diterbitkan International Journal of Epidemiology, mereka yang bekerja di gedung-gedung ber-AC memperlihatkan gejala gangguan kesehatan ketimbang mereka yang bekerja di kantor tanpa AC.

5. Ponsel

Terlepas dari emisi berbahayanya, ponsel bisa memiliki bahaya lain pula. Misalnya bila kita begitu kecanduan dan tak bisa terlepas dari perangkat tersebut. Berdasarkan poling 2011 yang dilakukan National Sleep Foundation, ditemukan 20 persen orang usia 19 hingga 29 terjaga karena telepon, pesan singkat atau email setidaknya beberapa malam dalam seminggu. Kurang tidur menyebabkan Anda lelah esok hari. 6. Suhu ruangan Bila Anda tak bisa tidur di malam hari sebaiknya periksa suhu ruangan Anda. Direkomendasikan untuk Anda membuat setting antara 67 dan 72 Fahrenheit. Tujuannya agar Anda tetap merasa nyaman dan mendapat tidur yang maksimal.

7. Tumpukan barang

Rumah yang penuh tumpukan barang membuat Anda merasa lelah. Psikolog Sherrie Bourg Carter mengatakan, "Tumpukan barang membombardir pikiran dengan berbagai stimuli, membuat sensor kita bekerja lebih panjang untuk menghalau stimuli yang tak penting."

8. Warna dinding

Warna dinding ikut memengaruhi tubuh. Sebaiknya pilihlah warna-warna yang menenangkan pikiran seperti biru muda untuk kamar tidur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini