Sukses

Kenapa Orang Cenderung Menutup Mata Ketika Berciuman?

Akademisi di London menemukan alasan orang menutup mata ketika berciuman.

Liputan6.com, Jakarta Alasan pasangan menutup kedua mata ketika berciuman karena otak tidak dapat menangani lebih dari dua hal sekaligus.

Akademisi dari Royal Holloway, University of London, menemukan ketika kedua makhluk yang sedang berciuman mengerut, otak kesulitan memproses sensasinya jika daya kognitif juga digunakan.

Di dalam Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance, dua peneliti Polly Dalton dan Sandra Murphy menyimpulkan, saat mata tertutup indera tubuh yang lain bekerja dengan baik, terutama peraba. Tak heran bila menutup mata memberi sensasi lebih baik dibanding berciuman dengan mata terbuka.

"Jika kita berfokus pada visual, ini akan mengurangi kesadaran rangsangan kita pada indera lainnya," kata Polly Dalton dikutip dari Daily Mail, Senin (21/3/2016)

Dari temuan ini, mereka mengaitkan mengapa orang sering menutup mata ketika menari. "Ini juga menjelaskan, mengapa kita menutup mata ketika ingin memusatkan perhatian pada aspek lainnya," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.