Bruce Robinson, Profesor Medis yang Suka Menulis Buku Parenting

Oleh Benedikta Desideria pada 18 Mar 2016, 10:30 WIB
Diperbarui 18 Mar 2016, 10:30 WIB
20160314-Prof Bruce Robinson-FF
Perbesar
Prof Bruce Robinson saat diwawancarai oleh Liputan6.com di Jakarta, Senin (14/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Sehari-hari, Profesor Bruce Robinson bekerja sebagai dokter spesialis paru-paru serta peneliti. Namun di luar bidang kedokteran, profesor bidang medis dari University of Western Australia ini memiliki ketertarikan pada dunia pengasuhan anak atau parenting.

Sebenarnya hal ini berawal tak jauh-jauh dari bidang yang ditekuninya sebagai dokter. Seringkali ia berhadapan dengan orang-orang yang hampir mendekati ajal dan ada harapan yang selalu diungkapkannya, yakni ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak-anak mereka.

Sejak saat itulah ia mencoba untuk menuliskan cara menjadi orangtua, terutama ayah yang baik bagi buah hatinya. 

"Jadi mengapa tidak membantu orang-orang untuk melakukan hal yang benar ketika mereka masih muda. Daripada nanti menyesal saat tua," tutur Profesor Robinson saat wawancara khusus dengan Liputan6.com ditulis Jumat (18/3/2016).

Kini total sudah ada enam buku yang ditulisnya, sebagian besar ditujukan bagi ayah yang sibuk.

"Saya rasa hal ini masalah di sini juga. Para ayah berangkat kerja pukul enam pagi lalu pulang sudah larut. Saya rasa Indonesia yang memiliki ikatan keluarga yang kuat, juga memiliki masalah yang sama," tutur pria yang lebih dari 20 kali mengunjungi Indonesia ini.

Prof Bruce Robinson saat diwawancarai oleh Liputan6.com di Jakarta, Senin (14/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain menulis buku tentang parenting, pria yang juga didapuk sebagai Dosen Kehormatan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini kerap diundang sebagai narasumber dalam berbagai seminar tentang pengasuhan anak. Kini ia sedang mengerjakan fathering project di Perth, Australia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya