Sukses

Raih 7 Keuntungan Bersahabat dengan Matahari

Umumnya setiap orang enggan berlama-lama berada di bawah teriknya sinar matahari, padahal matahari tak selalu merugikan.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya setiap orang enggan berlama-lama berada di bawah teriknya sinar matahari yang dapat membakar seluruh permukaan kulit - namun matahari tak selalu merugikan Anda.

Matahari merupakan pusat tata surya yang berikan energi baik untuk bumi hingga seluruh penghuni bumi. Berbahagialah karena Indonesia memiliki kecukupan sinar matahari yang terus menghidupi seluruh ekosistem di dalamnya, yang berbeda dengan negara lainnya. 

Seperti dilansir laman care2.com, ditulis Minggu (13/3/2016) kunci gaya hidup sehat ialah dengan membiasakan tubuh berkontak dengan sinar matahari di setiap harinya. Sebab, paparan sinar matahari dapat meningkatkan energi, suasana hati, sistem imun tubuh, hingga libido.

Ini dia tujuh keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari matahari:

1. Melawan depresi

Berada di bawah sinar matahari menyebabkan otak memproduksi serotonin dan endorfin yang meningkatkan suasana hati manusia, sekaligus membantu memerangi kondisi depresi.

2. Melawan insomnia

Insomnia menjadi permasalahan umum yang melanda kebanyakan orang. Otak memiliki jam internal atau jam biologis yang dapat diatur saat berada di bawah sinar matahari - menyebabkan produksi melatonin sempurna sehingga otak dan tubuh lebih seimbang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

3. Membersihkan kulit

Iritasi kulit seperti ruam, eksim, dan jerawat dapat disembuhkan dengan paparan sinar matahari - namun matahari yang baik untuk kesehatan kulit ialah sinar matahari pagi.

4. Tingkatkan hormon

Sinar matahari dapat bantu mengatur produksi hormon - dengan membiasakan tubuh berjemur di bawah sinar matahari dapat mengurangi gejala PMS atau menopause. Terlebih, paparan cahaya matahari pun mampu merangsang kelenjar pineal otak yang mengatur sekresi - sehingga tubuh kebanjiran manfaat wawasan hingga meningkatkan mood.

5. Mengusir racun dalam tubuh

Berjemur berikan manfaat fungsi hati manusia dan mengusir racun atau kotoran dalam tubuh yang dapat menyebabkan ragam penyakit juga kanker.

6. Meningkatkan sirkulasi

Paparan sinar matahari meningkatkan baik jumlah sel darah putih dan merah juga membantu peredaran darah menjadi lebih efisien.

7. Menambah pasokan vitamin D

Paparan sinar matahari adalah cara terbaik untuk tubuh mencapai nutrisi ini yaitu vitamin D, di mana vitamin D berfungsi membantu tubuh mengatur sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan kalsium yang mengarah ke tulang, dan menghindari penyakit seperti batu ginjal, diabetes, dan bahkan obesitas.

Vitamin D juga diduga mampu tingkatkan fungsi kognitif dan mengurangi kemungkinan pengembangan Alzheimer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.