Sukses

Untuk Kesehatan Mata, Anggur Lebih Baik Dibanding Wortel

Sebuah penelitian terbaru mengungkap, anggur lebih baik dibandingkan wortel.

Liputan6.com, Jakarta Bertahun-tahun kita diajarkan untuk mengonsumsi wortel agar mata tetap sehat. Tapi sebuah penelitian terbaru mengungkap, anggur lebih baik dibandingkan wortel. 

Peneliti dari University of Miami di Amerika Serikat, Profesor Abigail Hackam bahkan mengatakan, anggur dapat mengurangi risiko kebutaan di kemudian hari.

"Anggur kaya akan antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan DNA. Hasil penelitian menunjukkan dengan menambahkannya ke menu diet, bisa menjaga kesehatan retina," katanya, seperti dikutip Dailymail, Sabtu (12/3/2016).

Abigail menerangkan, buah anggur dapat melindungi mata dari proses kimia atau dikenal sebagai stres oksidatif yang melepaskan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas ke dalam retina. Antioksidan inilah meilndungi sel dari kerusakan DNA dan senyawanya dipercaya memiliki banyak manfaat untuk mata.

 

"Retina adalah bagian mata yang terdiri dari beberapa sel yang merespon terhadap cahaya, biasanya disebut juga fotoreseptor. Penyakit degeneratif retina dapat menyebabkan kebutaan," ungkapnya.

Hasil Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition ini juga mencatat, anggur mampu melawan kerusakan dari stres oksidatif dan menjaga fungsi dan struktur dari retina.

Dalam studi tersebut, tikus diberi makan anggur beku, kering dan bubuk - setara dengan sekitar tiga porsi buah sehari untuk manusia - setara diet gula ,atau kontrol diet yang sesuai standar. Hasil penelitian menunjukkan, struktur retina dan fungsi mata jauh lebih baik dalam kelompok yang mengonsumsi diet yang diperkaya anggur.

Tikus dalam kelompok ini memiliki ketebalan retina, jumlah fotoreseptor dan jumlah aktivitas fotoreseptor yang baik, meskipun stres oksidatif tinggi. Dalam grup non-anggur, retina rusak, muncul lesi, dan penurunan ketajaman mata serta rendahnya aktivitas fotoreseptor.

"Hasil studi ini sangat menarik dan menunjukkan semakin banyak bukti yang menunjukkan manfaat nyata mengonsumsi anggur dalam menjaga kesehatan mata," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini