Sukses

Merasa Sudah Hidup Sehat, Namun Tubuh Masih Mudah Lelah?

Enam hal ini menyebabkan tubuh Anda masih mudah lelah walaupun sudah melakukan pola hidup yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Merasa sudah menjalankan gaya hidup yang sehat namun masih saja merasakan kelelahan di tengah aktivitas sehari-hari? Hal ini disebabkan tubuh alami beberapa perubahan akibat gangguan kesehatan hingga hormon.

Melansir laman Girlfriend, Selasa (8/3/2016) terdapat enam kemungkinan penyebab tubuh mudah lelah akibat hal berikut.

1. Faktor usia

Secara ilmiah faktor ini menyebabkan seseorang lebih mudah merasakan kelelahan setiap harinya.

Usia yang bertambah mengakibatkan seseorang lebih sulit untuk tidur dibandingkan saat Anda kecil. Hal ini dipengaruhi jam tubuh atau ritme sirkadian yang berulang - masalahnya terletak pada perubahan jam yang tidak memaksimalkan tubuh untuk istirahat selama sembilan jam per hari.

2. Kurang beraktivitas fisik

Terlalu sering duduk dan tidak melakukan aktivitas apapun mempermudah tubuh untuk mudah lelah. Cobalah untuk setidaknya melakukan setengah jam latihan fisik selama tiga kali seminggu akan memperbaiki kondisi tubuh Anda.

3. Adiktif terhadap kafein

Minuman berenergi memang mampu memberikan efek tubuh membaik secara kilat namun terlalu sering mengonsumsi minuman yang mengandung senyawa berenergi atau kafein, akan membuat tubuh celaka.

Konsumsi minuman tersebut dengan takaran yang wajar untuk menghindari tubuh rentan terhadap rasa letih.

4. Dehidrasi

Kekurangan cairan tubuh dan air dapat menyebabkan kerusakan dalam tubuh - tak hanya itu saat kekurangan air otak akan mudah mengantuk.

5. Akibat tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang mengontrol sistem pencernaan dan suhu tubuh. Orang yang banyak tidur dapat memiliki tiroid kurang aktif, selain itu mampu juga menyebabkan menstruasi tidak teratur, intoleransi terhadap cuaca dingin, kulit gatal, berat badan, hingga sembelit.

6. Menstruasi dan anemia

Wanita yang tengah menstruasi dan menderita anemia akan mudah merasakan kelelahan pada tubuh mereka. Anemia menyebabkan jumlah sel darah merah yang rendah sehingga mengurangi kemampuan tubuh untuk membawa oksigen dalam darah.

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari anemia, yang dapat menyebabkan tubuh kelelahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini