Gara-gara Obesitas, Ada 11 Juta Kunjungan ke Dokter di AS

Oleh Benedikta Desideria pada 07 Mar 2016, 19:00 WIB
Diperbarui 07 Mar 2016, 19:00 WIB
Obesitas
Perbesar
Banyak orang mengunjungi dokter terkait masalah obesitas.

Liputan6.com, New York- Obesitas, merupakan masalah yang kesehatan yang banyak terjadi di Amerika Serikat. Paling tidak, setiap tahunnya ada 11 juta kunjungan ke dokter dengan masalah obesitas.

Peneliti mendapatkan angka tersebut setelah melakukan analisis pada data kunjungan pasien ke dokter pada 2012. Lalu didapatlah angka 11 juta kunjungan pasien dengan masalah obesitas yang datang ke dokter. 

Menurut peneliti ada 49 dari 1000 orang Amerika Serikat yang datang ke dokter karena obesitas. Kunjungan obesitas lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria seperti dikutip laman Fox News, Senin (7/3/2016).

Pada umumnya dokter akan memberikan solusi seperti pola makan, nutrisi, hingga olahraga untuk membantu menurunkan berat badan mereka. Namun edukasi mengenai kesehatan jarang dilakukan. Hanya sepertiga dari kunjungan pasien dengan obesitas itu berisi antara edukasi tentang diet dan gizi sehat.

"Temuan ini bisa sebagai informasi penting dalam edukasi terhadap kesehatan masyarakat terutama terkait diet, nutrisi, dan cara sehat menurunkan berat badan," tutur salah satu peneliti McCarty.

Obesitas jika tidak diatasi memang mampu menurunkan kesehatan si pemilik tubuh. Mulai dari migrain, sulit hamil, gangguan tidur hingga potensi yang lebih besar terkena kanker disebabkan oleh obesitas.

Live Streaming

Powered by