Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ketahui Perubahan Miss V Serta Penanganannya Usai Melahirkan

Perubahan ukuran vagina pascamelahirkan meninggalkan rasa sakit beberapa saat, dengan lakukan hal berikut dapat meringankan rasa sakit

Liputan6.com, Jakarta Secara alami Miss V akan mengalami perubahan setelah melahirkan dan wanita harus siap dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan yang dialami antara lain rasa sakit dan kering di area intim untuk beberapa waktu.

Perjalanan bayi keluar dari dalam perut membuat leher rahim meregang - terkadang kulit antara Miss V dan anus akan merobek saat bayi lahir yang disebut dengan episiotomi.

Mengutip laman NHS Choices, Senin (7/3/2016) terdapat beberapa keadaan yang akan nampak pascamelahirkan dan wanita perlu ketahui cara penanganannya.

- Vagina terasa melebar

Menurut Dr Suzy Elneil, seorang consultant urogynaecology dari University College Hospital, London mengatakan pascamelahirkan ukuran Miss V akan terlihat lebih luas dari sebelumnya. Hal ini menjadi sesuatu yang normal pascamelahirkan bahkan rasa memar atau bengkak akan terjadi di area Miss V.

Untuk menghindari rasa sakit berlebihan, Elneil menyarankan agar membiasakan melatih dasar panggul dengan kegel. Latihan tersebut juga membantu otot-otot vagina terasa lebih kencang. Lakukan latihan ini di mana saja dan kapan saja secara perlahan selama kurang lebih 10 detik dan ulangi sebanyak 10 kali selama empat hingga enam kali. 

- Vagina mengering

Rasa kering di Miss V berasal dari penurunan estrogen pada tubuh. Rasa kering juga mengakibatkan aktivitas seks menjadi bermasalah. Untuk mengatasi kondisi ini gunakanlah kondom atau pelumas.

- Rasa sakit di sekitar jahitan

Menurut Elneil rasa sakit seperti nyeri pada bagian jahitan akan mereda dalam waktu 6 sampai 12 minggu, terutama untuk memperbaiki robekan pada Miss V setelah melahirkan.

Obat penghilang rasa sakit akan membantu redakan drasa nyeri - selain itu untuk menjaga area jahitan tetap bersih dan terhindar dari bakteri. Biasakan juga untuk mencuci tangan sesudah atau sebelum mengganti pembalut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.