Rutin Makan Yogurt Cegah Tekanan Darah Tinggi

Oleh Benedikta Desideria pada 06 Mar 2016, 17:00 WIB
Diperbarui 06 Mar 2016, 17:00 WIB
Yogurt
Perbesar
Foto: insights.ingredientsnetwork.

Liputan6.com, London - Bagi Anda penggemar yogurt, ada kabar baik. Wanita yang gemar makan sekitar lima atau lebih porsi yogurt setiap pekan bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Penurunan potensi terkena darah tinggi bahkan bisa mencapai sekitar 30 persen dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi yogurt sebulan sekali. Jika manfaatnya ingin lebih baik lagi, tambahkan buah di dalamnya. 

Namun perlu diingat bahwa makan yogurt saja bukan berarti jaminan tekanan darah tinggi tidak naik suatu hari nanti. Sebaiknya diimbangi dengan asupan sehat lainnya.

"Tidak ada satu makanan yang amat hebat. Namun menambahkan yogurt dalam diet sehat bisa mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi pada wanita di kemudian hari," tutur salah satu peneliti Justin Buendia seperti dikutip laman Daily Mail, Minggu (6/3/2016).

Kesimpulan ini didapatkan setelah melakukan studi yang melibatkan 240 ribu wanita berusia 25-55 tahun. Lalu studi kedua dilakukan terhadap 51 ribu tenaga profesional kesehatan berusia 40-75 tahun.

Manfaat yogurt bisa menjaga tekanan darah tetap normal belum dapat dijelaskan. Diprediksi hal tersebut terjadi karena yogurt membantu menurunkan kolesterol. Seperti diketahui, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang berujung pada tekanan darah tinggi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya