Sukses

Transplantasi Rahim Pertama di AS Dilakukan

Kondisi wanita ini stabil setelah menjalani sembilan jam operasi transplantasi rahim pertama di Amerika Serikat ini.

Liputan6.com, New York- Untuk pertama kalinya, tindakan operasi transplantasi rahim dilakukan pada seorang wanita di Amerika Serikat. Tindakan transplantasi ini dilakukan Cleveland Clinic pada pekan lalu, 24 Februari 2016.

Operasi transplantasi ini dilakukan terhadap wanita berusia 26 tahun. Setelah menjalani operasi selama sembilan jam wanita tersebut kondisinya stabil. Demi menjaga privasi pasiennya, pihak rumah sakit tidak memberikan informasi detil mengenai wanita ini. 

Rahim yang didonorkan ke wanita muda ini didapatkan dari seorang wanita yang sudah meninggal seperti dikutip laman Time, Rabu (2/3/2016). Wanita penerima rahim nampaknya akan terus mengonsumsi obat antipenolakan dalam waktu lama agar tubuhnya menerima rahim ini.

Lewat operasi ini diharapkan wanita yang terlahir tanpa rahim atau wanita yang rahimnya telah diangkat bisa memiliki rahim kembali. Sehingga kemungkinan untuk hamil dan memiliki anak masih terjadi.

Sebelum di Amerika Serikat, tindakan operasi transplantasi rahim pernah dilakukan pada sembilan perempuan di Swedia. Empat diantaranya telah hamil dan melahirkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini