4 Hal yang Wajib Dibicarakan Sebelum Menikah

Oleh Benedikta Desideria pada 02 Mar 2016, 19:00 WIB
Diperbarui 02 Mar 2016, 19:00 WIB
4 Hal yang Wajib Dibicarakan Sebelum Menikah
Perbesar
Bicarakan beberapa topik sebelum pernikahan bersama pasangan mulai dari rencana masa depan hingga urusan ranjang. (Foto: www.newlovetimes.com)

Liputan6.com, New York- Ketika hubungan pacaran sudah mengarah ke hubungan yang lebih tinggi yakni pernikahan ada banyak hal yang perlu dibicarakan. Selain membicarakan mengenai persiapan akad nikah dan pesta pernikahan, hal yang lebih penting adalah pembicaraan mengenai kehidupan setelah pernikahan, seperti diungkap salah satu pendiri firma hukum Lisa Helfend Meyer.

Berikut empat topik yang wajib dibicarakan bagi pasangan sebelum menikah demi kehidupan selanjutnya yang lebih baik. Selengkapnya seperti dikutip laman sheknows, Rabu (2/3/2016).

1. Visi di masa depan

Komunikasikan kehidupan Anda di masa depan. Mulai dari saat pernikahan sudah berjalan 2, 5, hingga 10 tahun ke depan. Hubungan pernikahan itu seperti sebuah perusahaan. Anda dan pasangan perlu mengetahui apa tujuan dalam kehidupan pernikahan sehingga bisa sama-sama saling membantu mencapainya.

Perbincangan diantaranya mengenai rencana tempat tinggal, akan bekerja di tempat yang sekarang atau di kota yang sama dengan orangtua, ingin bersekolah lagi atau tidak. Bicarakan hal ini secara baik-baik agar sama-sama memahami kondisi Anda dan pasangan.

2. Keuangan

Jangan hindari membicarakan masalah keuangan, karena ini merupakan hal yang banyak membuat pasangan sering berdebat. Bahkan tak jarang menjadi penyebab perceraian. Oleh karena itu bicarakan masalah ini sejak jauh-jauh hari sebelum Anda merencanakan pernikahan.

Bicarakan mengenai target keuangan jangka pendek dan panjang. Lalu mengenai pemasukan dan pengeluaran rumah tangga apakah akan disimpan dalam tabungan bersama atau sendiri. Jangan lupa, bicarakan juga mengenai pembagian pengeluaran dalam kehidupan berumahtangga.

3. Tentang anak

Meski Anda merasa sudah yakin pasangan ingin memiliki anak, ada baiknya tetap untuk membicarakan hal ini. Pertama, mengenai rencana kapan memiliki anak, apakah langsung atau menundanya. Kedua, bicarakan mengenai jumlah anak yang dimiliki.

Meskipun seringkali jumlah anak bisa berubah setelah kelahiran anak pertama. Lalu bagaimana jika kesulitan hamil, bicarakan mengenai kemungkinan adopsi.

4. Kehidupan seks

Hubungan fisik yang terjadi saat berpacaran tentu berubah saat sudah menjadi suami istri. Lalu mulai cari tahu juga mengenai kehidupan seksual setelah 5-10 tahun setelah menikah. Karena kehidupan seksual saat awal menikah akan berbeda dengan saat usia pernikahan lebih lama.