Sukses

Kini Ada Aplikasi Posyandu untuk Pantau Pertumbuhan Anak

Pos pelayanan terpadu (posyandu) pun sudah memiliki aplikasi bernama mPosyandu.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman maju seperti sekarang, berbagai hal sudah memiliki aplikasi. Pos pelayanan terpadu (posyandu) pun sudah memiliki aplikasi bernama mPosyandu.

Ini adalah aplikasi posyandu digital pertama di Indonesia yang diperuntukkan bagi para kader posyandu. Aplikasi yang digagas oleh yayasan kemanusiaan Wahana Visi Indonesia ini bekerjasama denganHSBC dan diluncurkan 1 Maret 2016. Acarapeluncurannya dihadiri oleh Direktur Gizi MasyarakatKemenkes RI serta para kader dari tiga kota terpilih. 

Lewat aplikasi yang diunduh dari ponsel pintar berbasis Android ini, kader bisa melakukan pendataan terhadap kondisi balita. Selain itu di dalamnya juga terdapat informasi yang bisa membantu kader memberi konseling kepada ibu tentang gizi bayi hingga ASI.

"Diharapkan dengan adanya aplikasi ini bisa membantu kader memantau pertumbuhan anak dengan data akurat dan cepat. Kedua, membantu konseling dalam memberikan konseling pemberian makanan pada bayi dan anak," tutur Ketua Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI), Agnes Wulandari.

Kehadiran mPosyandu merupakan salah satu bagian dari Pos PINTAR (Posyandu Pintar untuk Anak Sehat dan Cerdas) yang dilakukan WVI bersama HSBC. Dalam implementasinya, penggunaan mPosyandu dilakukan di tiga kota besar yakni Jakarta, Surabaya, dan Pontianak dengan total sasaran 148 posyandu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.