Sukses

Probiotik Pada Pisang Sangat Baik Untuk Pencernaan Anak

Pentingnya probiotik pada anak bukan hanya membantu sistem kekebalan tubuhnya tapi juga mencegah sakit perut dan diare.

Liputan6.com, Jakarta Pentingnya probiotik pada anak bukan hanya membantu sistem kekebalan tubuhnya tapi juga mencegah sakit perut dan diare. Namun probiotik apa yang baik untuk anak, mengingat probiotik identik dengan yoghurt pada orang dewasa?

Pakar gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan, makanan bernutrisi sekaligus mengandung probiotik yang bagus untuk anak terdapat dalam pisang.

"Setelah ASI, anak diperkenalkan dengan makanan pendamping yang mengandung probiotik. Pisang mengandung probiotik alami dan serat yang baik dan disukai anak-anak," katanya saat ditemui, ditulis Selasa (1/3/2016). 

Menurut Saptawati, organ imunitas terbesar ada di dalam saluran cerna. Oleh karena itu, penting untuk memastikan saluran cerna dalam keadaan sehat agar dapat menjalankan berbagai fungsinya, termasuk di antaranya untuk menyerap zat gizi dari makanan.

"Saluran cerna yang sehat akan menunjang tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun secara mental dan sosial. Saluran cerna yang tidak sehat akan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan yang tidak hanya mempengaruhi fungsi saluran cerna dan perkembangan otak anak, tetapi juga kondisi psikologis anak dan orang tua," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.