Sukses

Si Manusia Akar Sambut Gembira Operasi Kulit

Seorang pria di Bangladesh dijuluki manusia akar karena memiliki banyak kutil di tangan dan kakinya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di Bangladesh dijuluki "manusia akar" karena memiliki banyak kutil di tangan dan kakinya. Abul Bajandar (26) pun kini gembira menyambut operasi.

"Saya tidak sabar memeluk anak saya," ucap Abul sebelum operasi.

Seperti diberitakan Dailymail, Sabtu (27/2/2016), Abul didiagnosis dengan epidermodysplasia verruciformis, kondisi genetik yang sangat langka yang menyebabkan pertumbuhan abnormal kulit. Dia mengalami lesi yang menyerupai kulit kayu dan tanaman yang tumbuh di tangan dan kakinya.

Abul yang berhenti menjadi penarik becak ini pun menjalani operasi selama tiga setengah jam di sebuah rumah sakit di Ibukota Dhaka. "Saya telah berjuang selama 10 tahun dan menahan rasa sakit. Saya ingin hidup seperti orang normal dan menyentuh serta memeluk puteri saya," tutur pria yang dijuluki manusia pohon ini.

Karena kondisinya ini, dokter di Medical College Hospital Dhaka menurunkan sembilan tim dokter untuk mengangkat kutil dari lima jari tangannya. "Operasi berjalan lancar dan sukses, dia bisa bahagia dan tertawa," kata Direktur Samanta Lal Sen.

Menurut Sen, hingga tiga minggu kedepan, kondisinya masih akan terus dipantau. Karena operasi selanjutnya merupakan tantangan besar."Kondisi seperti Abul diketahui hanya ada tiga di dunia, salah satunya di Bangladesh," kata Sen.

Untuk urusan biaya pengobatan, semua ditanggung oleh pemerintah Bangladesh. Istrinya, Halima Khatun sangat bersyukur melihat suaminya bisa bahagia dan tak lagi terlihat seperti manusia akar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini