4J: Langkah Peroleh Sarapan Sehat dan Sempurna!

Oleh Bella Jufita Putri pada 25 Feb 2016, 06:30 WIB
Diperbarui 25 Feb 2016, 06:30 WIB
3 Aturan Sarapan yang Wajib Dipatuhi Para Pelaku Diet
Perbesar
Jangan asal sarapan, ikuti aturannya berikut ini supaya dietmu berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Mengawali hari dengan sarapan menjadi perilaku penting untuk mewujudkan keluarga sehat. Khususnya pada anak yang masih memerlukan banyak asupan makanan yang bergizi untuk tumbuh kembangnya.

Berdasarkan analisis data konsumsi pangan Riskesdas tahun 2010, sebanyak 40 persen anak-anak Indonesia tidak mendapatkan sarapan yang baik sehingga menyebabkan anak kekurangan gizi hingga proporsi tubuh tidak merata.

DR. dr. Samuel Oetoro, MS.Sp.Gk., seorang Spesialis Gizi Klinis mengatakan, "Bahan makanan yang berperan sebagai penyedia energi dan pembentuk tubuh adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Namun semua itu dapat didapatkan jika makanannya adalah makanan sehat," jelasnya, ditulis Kamis (25/2/2016).

Untuk mendapatkan sarapan yang sehat dan sempurna tak hanya memperhatikan kandungan gizi pada makanan saja, melainkan adanya pedoman 4J yaitu, jumlah makanan, jadwal makan, jenis makanan, dan jurus masak.

Jumlah makanan harus disesuaikan oleh kebutuhan tubuh manusia, sedangkan jadwal makan pada umumnya ialah saat pagi, siang, dan malam hari.

Menurut Samuel Oetoro, jadwal sarapan yang sehat berada di pukul 05.00 hingga 09.00 pagi.