Gizi Apa Saja yang Dibutuhkan Tubuh Saat Sarapan?

Oleh Bella Jufita Putri pada 25 Feb 2016, 06:00 WIB
Diperbarui 25 Feb 2016, 06:00 WIB
Sarapan Sehat
Perbesar
(Foto: brianeatsbreakfast.com)

Liputan6.com, Jakarta Selama delapan hingga sembilan jam setelah tubuh dapatkan istirahat cukup, di pagi hari tubuh butuh asupan makanan untuk menambah energi kembali.

Jika tubuh tidak cukup dapatkan energi maka kemampuan otak dan fisik akan mengalami gangguan dan tidak bisa menjalankan aktivitas harian dengan optimal. Ini menjadi salah satu penyebab kenapa Anda membutuhkan sarapan dengan gizi sempurna di dalamnya.

Kampanye Bulan Sarapan Sempurna yang dilakukan Frisian Flag Indonesia menjadi upaya dalam mensosialisasikan pentingnya seluruh anggota keluarga untuk menyantap sarapan bergizi setiap pagi.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah MS, selaku Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, kebiasaan sarapan akan meningkatkan kualitas hidup seluruh keluarga Indonesia.

"Sekitar kurang lebih seratus penelitian yang dilakukan oleh Harvard menunjukkan manfaat sarapan dari usia anak sampai remaja. Dengan sarapan membuat anak dapatkan stamina lebih, sehat, dan konsentrasi yang baik, bahkan kedisiplinan dan kebersamaan," ujarnya dalam peluncuran program Frisian Flag 'Bulan Sarapan Sempurna', Rabu 24 Januari 2016, ditulis Kamis (25/2/2016).

Sarapan yang dimaksud tak hanya mengonsumsi makanan di pagi hari saja, namun ada perhatian khusus dalam sarapan yaitu dengan mengetahui pedoman gizi seimbang di menu sarapan.

"Pedoman gizi seimbang meliputi 4 Sehat 5 Sempurna yang kini berubah menjadi Gizi Seimbang plus keamanan makanan serta mencuci tangan sebelum makan," ungkap Dr Hardinsyah.

Spesialis Gizi Klinis DR. dr. Samuel Oetoro, MS.Sp.Gk., mengatakan, tubuh membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sebagai pelengkap sarapan sehat dan sempurna.