Sukses

Cadel Bisa Diperbaiki dengan Menggunakan Kawat Gigi

Cadel tidak selalu disebabkan oleh ukuran lidah yang pendek.

Liputan6.com, Jakarta Cadel pada anak tidak selalu akibat ukuran lidah yang pendek. Cadel dapat juga terjadi karena posisi gigi yang tidak baik. Begitu anak bisa berbicara dan orangtua menemukan ada kejanggalan seperti anak sulit mengucapkan huruf 'S' atau 'R', coba periksakan kondisi giginya.

"Cadel terjadi karena kegagalan salah satu dari tiga organ artikulasi, gigi, lidah, dan bibir," kata Orthodontics Specialist Difa Oral Health Center drg Adianti. 

Merujuk pada satu penelitian yang diterbitkan European Journal of Peadiatric Denstistry pada 2012, lanjut Adianti, cadel atau dyslalia rentan dialami orang-orang yang gigi atas dan bawahnya tidak dapat tertutup dan terbuka. Bisa juga dialami orang yang kondisi jarak gigi atas dan bawahnya cukup jauh. "Gigi atas maju ke depan atau tonggos," kata Adianti.

Dalam diskusi 'Menjadi Pasien Cerdas Menuju Masyarakat Indonesia Bebas Penyakit Gigi dan Mulut' di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Minggu (21/2/2016) siang, Adianty menjelaskan, dampak dari susunan gigi-geligi ini adalah kesulitan mengucapkan huruf "s".

Menurutnya, cadel ini dapat diperbaiki dengan perawatan ortodonti atau kawat gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini