Sukses

Benarkah Sarapan Mampu Bantu Mengontrol Kadar Gula Darah?

Seberapa penting sebenarnya sarapan untuk kesehatan kita?

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sarapan tidak hanya membantu orang obesitas menurunkan berat badan. Sarapan juga dapat membantu kita mengendalikan kadar gula darah.

Namun, seberapa penting sebenarnya sarapan untuk kesehatan kita? Pemimpin Peneliti dari Universitas Bath di Inggris, James Betts, mengatakan, semuanya tergantung pada masing-masing individu dan tujuannya.

James bersama tim lalu mempelajari hubungan yang mungkin terjadi antara sarapan, berat badan, dan kesehatan.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition itu, para peneliti membagi penderita obesitas berusia 21 sampai 60 menjadi dua kelompok. Satu kelompok tidak sarapan dan satunya lagi sarapan. Mereka diminta melakukan itu selama enam minggu.

Kelompok sarapan diminta makan setidaknya 700 kalori sampai pukul 11.00 siang. Pada kelompok yang tidak sarapan hanya boleh minum air sampai siang.

"Sebagai contoh, jika berat badan adalah kunci, sedikit yang menunjukkan hanya sarapan saja dapat mengontrol semuanya. Namun, berdasarkan penanda lain dari gaya hidup sehat seperti menjadi lebih aktif dan mengontrol kadar gula darah, terbukti sarapan dapat membantu," kata James dikutip dari Times of India, Selasa (16/2/2016).

Penting untuk diingat, tidak semua orang merespons dengan cara yang sama untuk sarapan. Dan tidak semua sarapan adalah sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini