3 Gerakan Yoga agar Perut Makin Rata

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 15 Feb 2016, 09:12 WIB
Diperbarui 15 Feb 2016, 09:12 WIB
yoga 1
Perbesar
Pavan-Muktasan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki perut rata adalah hal yang diidam-idamkan para pria dan wanita. Perut rata memberi kesan seseorang sehat, bugar, serta menarik.

Ada banyak cara untuk mendapatkan perut rata. Salah satunya dengan mengatur pola makan seimbang dan rutin berolahraga.

Jika Anda biasa melakukan crunch, kemungkinan besar ada bagian otot abdominal yang terlewati untuk dilatih, misalnya otot punggung bagian bawah.

Ya, punggung bawah Anda adalah kunci untuk mendapatkan perut rata dan kencang. Berikut 3 pose yoga untuk memperkuat otot punggung bawah dan membantu menyingkirkan lemak berlebih di perut, dilansir dari laman Goodhousekeeping, Senin (15/2/2016):

1. Forearm Side Plank

Bila dilakukan rutin, pose yoga ini bisa membantu Anda mendapatkan perut rata. Letakkan lengan bawah di lantai, luruskan lengan atas. Sambil berbaring ke samping, letakkan kaki kiri dan atas kaki kanan. Angkat sisi tubuh dengan lengan bawah menekan lantai. Angkat pinggul menjauhi lantai. Tahan selama 30-60 detik, lalu ulangi ke arah yang berbeda. Latihan ini akan memperkuat pinggang, pinggang luar, dan pundak.

2. Twisted Core Pose

Berbaring telentang dan bentangkan kaki selebar pinggul. Letakkan kain atau string di pergelangan kedua kaki. Rentangkan kaki ke atas, regangkan kain dengan kedua kaki selama melakukan latihan. Embuskan napas saat mengarahkan kaki ke kanan dan secara simultan mengarahkan pusar ke arah berlawanan. Tarik napas dan bawa kaki kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini 5-10 kali untuk setiap sisi.

3. Side Plank Push Ups

Kembali ke posisi asal seperti posisi forearm side plank. Embuskan napas saat meletakkan pinggul ke bawah hingga 2 sampai 6 inci dari atas lantai secara perlahan. Kemudian tarik napas dan angkat kembali pinggul.

Ulangi gerakan ini 5 hingga 10 kali lalu lakukan pada sisi sebaliknya untuk mendapatkan perut rata.