Sukses

Anak-anak di Inggris Rentan Rakitis

Rakitis, pelunakan tulang, umum terjadi pada bocah yang kekurangan paparan sinar matahari.

Liputan6.com, Jakarta Pelunakan tulang (rakitis) pada anak bisa terjadi bila mereka kekurangan vitamin D, magnesium, fosfor, kalsium, atau gangguan metabolisme. Kondisi ini berpotensi menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk.

Anak-anak Indonesia seharusnya terhindar dari rakitis, mengingat paparan sinar matahari yang berlimpah di tanah air. Tidak seperti bocah-bocah di Inggris, akibat minim paparan sinar matahari, mereka rentan alami pelunakan tulang. 

Maka itu The National Institute for Health and Care Excellence (NICE) di Inggris menyarankan perempuan hamil dan balita harus diberikan vitamin D cuma-cuma guna mencegah dari rakitis. Baik itu dalam bentuk pil atau makanan yang kaya vitamin D.

Seperti dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (9/2/2016), awalnya NICE tidak menganjurkan masyarakat di sana terlalu sering minum suplemen. Akan tetapi, sinar UV yang benar-benar baik hanya terjadi pada Maret dan Oktober. Rutin mengonsumsi minyak ikan dan telur jadi salah satu alternatif pilihan untuk mendapat asupan vitamin D. 

Meningkatnya jumlah orang dewasa dan anak-anak di Inggris kekurangan vitamin D dan berisiko lemah tulang, NICE mendesak kementerian kesehatan setempat mempertimbangkan memberikan suplemen gratis kepada kelompok berisiko rakitis (pelunakan tulang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini