Sukses

Awas, 6 Makanan Ini Timbulkan Rasa Kantuk

Tak semua makanan memberikan energi yang sempurna. Sejumlah makanan justru buat seseorang mengantuk

Liputan6.com, Jakarta Hampir sebagian orang berharap mendapatkan energi lebih usai mengkonsumsi makanan. Tetapi rasa yang didapatkan setelah beberapa jenis makanan justru berujung pada rasa kantuk yang tak terkendali.

Ragam makanan yang membuat tubuh menjadi lelah, lesu, hingga rasakan kantuk adalah makanan yang mengandung gula tinggi dan berlemak.

Hampir semua makanan siap saji (junk food) termasuk dari kategori makanan manis dan berlemak. Banyak penelitian yang membuktikan mudah mengantuk juga mudah lelah adalah gejala dari obesitas.

Dilansir dari laman Boldsky, Jumat (22/01/2016) berikut sejumlah makanan yang wajib diwaspadai kandungannya karena dapat menyebabkan rasa kantuk disela aktivitas Anda.

1. Permen

Mengkonsumsi makanan manis seperti permen mudah membuat seseorang mudah merasa lelah dan malas. Kadar glukosa pada darah akan meningkat ketika seseorang mengkonsumsi makanan manis secara berlebih. Hal ini akan meningkatkan produksi insulin yang menyebabkan penyakit diabetes.

Saat produksi insulin meningkat dan glukosa menurun secara tiba-tiba seseorang akan merasa mengantuk dan lelah.

2. Pizza

Kelezatan pizza memang tak dapat dipungkiri lagi, namun kandungan dari bahan dasar pizza mengandung lemak yang teramat banyak. Setelah mengonsumsi pizza tubuh membutuhkan lebih banyak energi dalam mencerna dan memproses makanan, sehingga tubuh mudah merasa lelah.

Sebaiknya Anda mengonsumsi pizza dalam porsi yang sedikit atau kecil.

3. Susu

Secangkir susu hangat adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan tidur nyenyak, namun jika Anda mengkonsumsi susu di sela aktivitas Anda, kemungkinan besar Anda akan ditimpa seribu ton rasa kantuk.

Penyebab dari rasa kantuk akibat susu berasal dari kadar lemak yang hadir di dalam segelas susu. Jika Anda berniat untuk menyantap segelas susu di siang hari, pilihlah susu dengan kadar lemak rendah.

4. Roti

Kandungan karbohidrat pada roti tidak memberikan cukup serat bagi tubuh. Artinya, jika tubuh tidak memenuhi kebutuhannya, maka rasa lelah dapat mengakibatkan rasa kantuk sesaat. Selain itu mengkonsumsi roti juga meningkatkan kadar gula darah yang merangsang produksi insulin.

Pilihlah roti berbahan dasar gandum yang lebih baik untuk kesehatan.

5. Pisang

Mineral pada pisang bertindak untuk membuat otot menjadi rileks. Memakan pisang sebelum tidur adalah hal yang tepat untuk dapatkan tidur nyenyak.

Tapi, ketika pisang dikonsumsi pada pagi hari, justru Anda akan merasa lelah dan mengantuk. Ubahlah menu pisang jika Anda tetap menginginkan energi dari buah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.