Sukses

Sepatu Mahal dan Keren Juga Bisa Sebabkan Kanker Kulit

Risiko kanker kulit pada kaki mengintai individu yang jarang mengganti kaos kaki dan tidak memerhatikan kelembaban sepatu yang dikenakan.

Liputan6.com, Jakarta Risiko kanker kulit pada kaki mengintai individu yang jarang mengganti kaos kaki dan tidak memerhatikan kelembaban sepatu yang dikenakan. Sekeren dan semahal apa pun sepatu serta kaos kaki yang dikenakan, jika dalam keadaan tidak bersih membuat jamur dan virus tumbuh subur di kaki.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Bunda Jakarta, Rachel Juanda mengatakan, jamur dan virus yang melekat terlalu lama tanpa disadari dapat menyebabkan munculnya benjolan-benjolan kaki dan tangan. Di tangan akan muncul kutil atau semacam daging yang tumbuh di luar.

"Kalau masih kutil tidak berbahaya, bisa diangkat karena mungkin mengganggu penampilan. Tapi kalau veruka vulgaris yang warnanya agak putih, termasuk kanker yang harus segera diobati," kata dia ditulis Senin (18/1/2016)

Mudah sekali terhindar dari kondisi ini, ada pun caranya,"Jaga kebersihan tangan dan kaki. Ganti kaos kaki sesering mungkin, setiap dua hari sekali atau setiap hari. Dan sepatu tidak dalam keadaan lembab."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini