Sukses

Ini Langkah untuk Redakan Cemas Saat Alami Situasi Buruk

Mengalami kejadian buruk seperti kecelakaan atau teror menjadikan gejolak emosi yang dirasakan diri.

Liputan6.com, Jakarta Saat berada di kondisi buruk, seseorang perlu mengambil tindakan atau solusi sesegera mungkin sebelum berakibat pada stres berkepanjangan.

Tingkat kecemasan yang melonjak dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Hal ini pun bisa berujung pada mental yang memburuk. Untuk menghindarinya, belajarlah melatih otak agar tetap tenang dengan melihat perspektif yang positif guna membiasakan diri dalam menangani kecemasan.

Seperti dilansir helpguide.org, Kamis (14/01/2016) berikut beberapa langkah yang dapat atasi kekhawatiran secara baik:

- Jika pikiran berada pada kondisi cemas dan tak terkendali, cobalah untuk mencari titik positif, dan fokus pada hal tersebut. Membiasakan berpikir dengan hal-hal positif dapat membantu diri menjadi lebih tenang.

- Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang mengkhawatirkan suatu hal, maka secara otomatis pikiran seseorang akan kabur dan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Saat mengalami situasi buruk, ambil langkah untuk duduk tenang agar Anda bisa mengevaluasi situasi tersebut.

- Berada dalam situasi yang bergemuruh memang menyulitkan seseorang untuk sabar. Untuk mengatasinya, tetaplah fokus menjalani aktivitas dan berhentilah mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi.

- Berusahalah untuk tetap fokus dan menjaga kondisi tubuh, seperti mengontrol irama pernapasan dan emosi agar dapat menyadarkan diri dari kecemasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini