Sukses

Studi: Miliki Banyak Anak Bikin Wanita Awet Muda

Ternyata memiliki banyak anak bermanfaat bagi wanita.

 

Liputan6.com, Jakarta Memiliki banyak anak, sepintas mungkin merepotkan. Namun dibalik itu, ternyata ada manfaat yang akan membuat para wanita bahagia. Sebuah penelitian menemukan, memiliki banyak anak bisa memperlambat proses penuaan.

Menurut peneliti, hal ini terkait dengan telomere atau bagian paling ujung dari kromosom manusia yang banyak ditemukan pada wanita yang memiliki lebih dari satu anak. "Semakin perempuan banyak memiliki anak, semakin kecil efek penuaan pada dirinya," kata peneliti, seperti dikutip Dailymail, Selasa (12/1/2016).

Para peneliti di Universitas Simon Fraser di British Columbia ini melibatkan 75 perempuan dari dua pedesaan Guatemala. Mereka mengumpulkan DNA melalui spesimen air liur. 

"Ini adalah studi pertama yang meneliti hubungan langsung antara jumlah anak-anak dan pemendekan telomere pada manusia dari waktu ke waktu," tulis peneliti.

Kendati demikian, ahli Ilmu kesehatan Profesor Pablo Nepomnaschy, yang memimpin penelitian, mengatakan temuan timnya bertentangan dengan teori sejarah yang memprediksi, memiliki banyak anak justru mempercepat laju penuaan biologis.

"Laju pemendekan telomere ditemukan di peserta penelitian yang memiliki banyak anak. Bagaimanapun, hal ini disebabkan oleh peningkatan dramatis estrogen, hormon yang diproduksi selama kehamilan. Karena hormon ini merupakan antioksidan kuat yang melindungi sel-sel terhadap pemendekan telomere," ungkapnya.

Tak hanya itu, kata dia, lingkungan sosial juga memengaruhi laju penuaan. "Para wanita yang mengikuti penelitian berada di populasi yang subur sehingga mereka mendapat dukungan lebih dari keluarga atau teman saat memiliki banyak anak."

"Intinya, dukungan keluarga dan lingkungan akan meningkatan energi metabolisme yang dapat dialokasikan untuk pemeliharaan jaringan, sehingga memperlambat proses penuaan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini