Sukses

Usia 11 Tahun, Bocah Ganteng Ini Jalani Mastektomi

Lewis Deakin menjadi satu-satunya anak yang pernah jalani mastektomi di Inggris.

Liputan6.com, London - Lewis Deakin, bocah berusia 11 tahun dari Wythenshawe, Inggris, menjadi satu-satunya anak yang pernah menjalani mastektomi--prosedur yang biasanya digunakan untuk mengangkat jaringan pada payudara--di Inggris. Ia harus menjalani mastektomi karena mengalami pembesaran tumor jinak pada arteri di sekitar dadanya.

Lewis mengidap arteriovenus malformation (AVM) sehingga terdapat benjolan di dadanya. Tumor pada arterinya pertama kali dirasakan tiga tahun lalu, tapi terus tumbuh. Setelah mengunjungi dokter dan menjalani operasi 15 kali, akhirnya dipilih mastektomi pada April 2014 di Birmingham Children’s Hospital.

Usai operasi ia tetap dirawat selama lima hari. Untungnya pemulihan tindakan ini berhasil cepat. Ia bisa menggunakan lengannya dengan normal sebulan kemudian.

"Ia adalah satu-satunya anak di negara ini yang telah menjalani mastektomi. Nanti pada saat ia lebih besar, para dokter akan bisa lakukan rekonstruksi dada," ujar ibu Lewis, Victoria, kepada laman Manchest Erevening News dikutip Selasa (12/1/2016).

Sayatan bekas operasi di sisi dada kanan sempat membuat Lewis sedih hingga ia tak mau menunjukkan luka tersebut pada siapa pun. Namun kini ia sudah kembali lagi percaya diri dan mengatakan kepada teman-teman wanita di sekolahnya itu adalah bekas gigitan hiu. Dan hal tersebut sungguh mampu buat diri Lewis percaya diri kembali.

Kini Lewis masih jalani pemeriksaan rutin. Pada akhir bulan ini ia kembali lakukan tes karena ada benjolan di dada bagian tengah.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini