Pertimbangkan Dua Hal Ini sebelum Memutuskan Miliki Anak

Oleh Bella Jufita Putri pada 11 Jan 2016, 17:00 WIB
Diperbarui 11 Jan 2016, 17:00 WIB
Pertimbangkan Kedua Faktor Ini sebelum Memutuskan Miliki Anak
Perbesar
Faktor uang dan emosi dijadikan suatu pertimbangan sebelum para pasangan memutuskan untuk memiliki anak.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua bukanlah hal mudah yang bisa diputuskan tanpa pertimbangan. Tak hanya itu sejumlah orangtua terpaksa merawat anaknya sendiri lantaran alasan yang beragam.

The Michigan Office of Child Supportmerekomendasikan pola sistematis untuk mengasuh anak terkait sumber pendapatan atau keuangan dan juga emosional. Kedua faktor tersebut berguna dalam menjalankan tanggung jawab dalam membesarkan anak mereka, tapi tak semua orang menyebutnya sebagai tantangan. Dilansir dari laman ehow.com, Senin (11/01/2016).

Penelitian dari faktor keuangan dijadikan syarat utama menjadi orangtua guna biaya pengasuhan anak. The Center for Nutrition Policy and Promotion menawarkan kalkulator online yang dapat membantu orang tua dalam memperkirakan berbagai biaya pengasuhan yang dibutuhkan, mulai dari kebutuhan perawatan anak sehari-hari, makanan, hingga asuransi kesehatan.

Fitur dari kalkulator online guna pengasuhan anak ini pun dilengkapi dengan fitur untuk melacak pengeluaran yang dibutuhkan oleh orang tua yang disesuaikan dengan usia anak.

Faktor kedua yang harus dipertimbangkan dalam mengasuh anak ialah kondisi emosional orangtua. Kesehatan mental dan keadaan emosi sangat berpengaruh dalam membesarkan anak karena orang tua yang baru melahirkan anak mempunyai tugas baru untuk mengurus dan merawat bayi mereka. 

Kemampuan mengelola fisik dan mental tak mudah, apalagi jika orang tua juga memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang karena waktu merawat anak yang diiringi dengan jadwal kerja sangat memerlukan perhatian yang ekstra.

Pew Research mengemukakan bahwa orang tua yang bekerja sulit untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga di setiap harinya. Survei didapatkan pada tahun 2011.**

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya