Sukses

Cegah Penyakit Jantung dengan Kenari

Rutin mengonsumsi walnut atau kenari bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang memiliki kebiasaan mengudap atau makan camilan, coba pertimbangkan memasukkan kacang-kacangan dalam daftar camilan. Kacang-kacangan mengandung banyak manfaat kesehatan. Dengan rutin mengonsumsi kacang-kacangan jenis tertentu, seperti misalnya walnut atau kenari sebanyak 69 gram, bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, tulis sebuah studi terbaru.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkap, jenis kacang-kacangan (selain kacang tanah) kaya akan lemak jenuh, serat, protein, dan asam lemak omega-3. Karenanya jenis kacang-kacangan tersebut bisa membantu menurunkan kadar LDL dalam kolesterol, trigliserida, dan ApoB, protein utama yang ditemukan dalam kolesterol LDL. Ketiga hal tersebut merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Peneliti di Life Sciences Research Organizations di Amerika Serikat yang dipimpin oleh Dr Michael Falk dan rekan-rekannya melakukan survei terhadap 1.301 artikel. Sejumlah 61 percobaan menunjukkan, kenari memiliki potensi yang lebih besar mengurangi kadar kolesterol buruk (9 hingga 16 persen), tekanan darah diastolik 2 hingga 3 mmHg, inflamasi dan lebih sedikit risiko penyakit jantung.

"Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kenari menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan LDL. Walnut satu-satunya yang menyediakan jumlah signifikan alpha-linolenic acid (ALA), omega-3 yang berasal dari tanaman," ucap pemimpin penelitian Michael Falk, dilansir Medindia, Senin (11/1/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.