Tips Tidur Nyenyak untuk Anak Sekolah

Oleh Aditya Eka Prawira pada 08 Jan 2016, 12:00 WIB
Diperbarui 08 Jan 2016, 12:00 WIB
Tidur saat melahirkan
Perbesar
Jody menyesal melewatkan banyak momen penting anak-anaknya karena kondisinya. (foto: Metro.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta Cukup sulit bagi seorang anak untuk tidur tepat waktu agar terhindar dari mengantuk ketika sedang belajar di sekolah. Jika dulu hanya dengan menaruh buku lalu naik ke atas tempat tidur sudah bisa terlelap, kini terhalang gadget yang dapat dimainkan sebelum tidur.

Kurang tidur menyebabkan kulit kusam, rambut rontok, ketidakseimbangan hormon, dan masalah lainnya. Anak sekolah yang kurang tidur akan sulit berkonsentrasi selama belajar di kelas. Cukupkah hanya dengan mematikan gadget sebelum tidur?

Berikut tips tidur nyenyak bagi anak sekolah seperti dikutip dari situs Times of India, Jumat (8/1/2016)

1. Konsisten dengan waktu tidur sehari-hari

Usahakan untuk mematikan semua gadget, mematikan lampu, lalu berusaha terlelap di jam yang sama setiap malamnya. Memang sulit tapi lambat laun akan terbiasa dengan sendirinya.

2. Ruang tidur yang nyaman

Cipakan lingkungan yang sejuk dan menenangkan. Buatlah nuansa gelap atau remang, pakai penyumbat telinga, atau apa pun yang bisa bikin anak nyaman.

3. Seprai dan bantal yang nyaman

Tidurlah dengan bantal yang enak buat kepala dan tidak membuat leher sakit. Jangan lupa ganti seprai tiga hari sekali.

4. Jangan nonton film horor

Jangan menonton film-film yang dapat mengganggu visual Anda, seperti film horor.

5. Olahraga teratur

Olahraga teratur membantu anak tidur lebih baik. Cobalah latihan 3 sampai 4 jam sebelum tidur.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya