Tips Ciptakan Kebahagiaan Tanpa Resolusi di Tahun Baru

Oleh Fitri Syarifah pada 01 Jan 2016, 20:15 WIB
Diperbarui 01 Jan 2016, 20:15 WIB
10 Langkah Ini Dapat Mengurangi Stres Selama Liburan
Perbesar
Berikut 10 tips yang dapat mengurangi tingkat stres dan membuat Anda bahagia sepanjang liburan.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang tahun baru, inilah saatnya untuk membuat resolusi Tahun Baru yang ditakuti. Bukan apa-apa, mungkin diantara Anda juga kerap mengalaminya, membuat resolusi tapi tidak pernah tercapai, akhirnya janji-janji itu semakin menumpuk dan berakhir dengan kegagalan akhir tahun.

Seorang profesor ilmu perilaku di London School of Economics, mengatakan, sebagai ahli kebahagiaan sebenarnya ada beberapa tips yang perlu dilakukan tanpa harus membuat resolusi. Mau coba? Simak penuturannya, seperti dikutip Mirror, Jumat (01/01/2016):

1. Berjanji untuk menerima siapa Anda

Iya, menerima diri sendiri sebagaimana mestinya Anda. Ini adalah langkah untuk mendapatkan kebahagiaan. Sebagi contohnya, kurangi menyalahkan diri sendiri pada setiap masalah. 

2. Bertindak seperti anak kecil

Anak-anak biasanya memiliki banyak hobi berbeda. Tapi sebagai orang dewasa kita cenderung untuk berhenti melakukannya dan tidak lagi menikmatinya. Alasan terbesar, kita tidak punya waktu.

Ayolah, buat saja prioritas. Jangan pernah terlambat untuk menghidupkan kembali sesuatu yang bisa kita lakukan. Hal ini pada gilirannya akan menghidupkan kembali kebahagiaan yang kita punya saat itu. Contoh kecil, dengar lagu favorit selama lima menit atau menendang bola di sekitar rumah, dijamin bikin Anda bahagia.

3. Coba sesuatu yang baru setiap minggu

Kita bisa belajar banyak dari anak-anak, seperti misalnya melakukan sesuatu yang baru setiap minggu. Bukti menunjukkan, neophiles atau orang yang suka hal-hal baru jauh lebih bahagia daripada neophobes.

4. Matikan telepon pukul 19.00

Sebuah studi baru menemukan, orang yang menghentikan aktivitas Facebook selama seminggu lebih bahagia daripada yang lain. Sosial media dan internet adalah gangguan konstan untuk segala usia.

5. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan alam

Kegiatan di luar ruangan dapat membuat Anda lebih segar, dan terhindar dari stres. Sebuah penelitian bahkan mengungkap, menghirup udara segar selama lima menit saja dapat membuat Anda lebih bahagia.